Skip to main content

Terbiasa Bermain Sepakbola, Ini Manfaatnya Bagi Perkembangan Anak

bolaa
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Kebiasaan bermain sepakbola bagi anak-anak di usia dini bisa sangat bermanfaat,lho. Terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan belum lama ini bahwa bermain sepak bola, membuat seorang anak memiliki tulang yang lebih kuat.

 

Menurut temuan para peneliti, bahwa ada korelasi antara kekuatan tulang dan otot dengan olahraga sepak bola pada anak usia 8—10 tahun.

 

"Penelitian kami menunjukkan bahwa olahraga yang intens di sekolah memiliki efek positif yang jelas pada kepadatan tulang, kekuatan otot dan keseimbangan pada anak berusia delapan sampai sepuluh tahun," kata penulis utama studi tersebut, Peter Krustrup, Profesor Olahraga dan Ilmu Kesehatan di Universitas Denmark Selatan, dilansir Zee News. 

 

Dalam penelitiannya, mereka memeriksa kesehatan tulang dan otot terhadap 295 anak sekolah selama setahun penuh. 

 

Para peneliti kemudian membandingkan efek pada anak-anak yang mengikuti kelas pendidikan jasmani normal dengan anak-anak yang memiliki latihan intensif dalam jadwal selama dua jam dalam seminggu, dalam bentuk permainan bola di lapangan kecil. 

 

Hasilnya diketahui bahwa anak-anak yang latihan intensif, memiliki peningkatan kekuatan otot mereka sebesar 10%. Nah, tak salah bila dari hasil temuan itu, bermain bola di sekolah bisa menjadi  langkah besar pertama untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari.