Skip to main content

Terapkan 3 Tips Ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget 

gadget
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Penggunaan gadget kini semakin meluas di kalangan masyarakat modern. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga kini sangat gandrung dengan teknologi ini.

Selain memudahkan aktivitas, kehadiran gadget juga menjadi sarana hiburan dan edukasi bagi perkembangan anak-anak. Namun, semuanya harus dilakukan dengan takaran atau batasan yang tepat.

Memperkenalkan gadget bukan berarti harus menggunakannya seharian penuh. Sebagai orang tua yang bijak, Anda harus bisa membatasi kebiasaan anak dalam bermain gadget. Pasalnya, jika berlebihan, hal tersebut justru bisa berdampak negatif bagi buah hati Anda.

Merangkum dari berbagai sumber, untuk menghindari ketergantungan gadget, berikut ini kiat yang cocok bagi orang tua untuk diterapkan:

1.Buat jadwal dan terapkan hidup disiplin

Anda sebaiknya mulai menyusun jadwal kegiatan untuk si buah hati. Jadwal tersebut akan membantu anak Anda untuk melaksanakan aktivitasnya dengan terstruktur. Dengan bertindak disiplin, si anak tentu bisa membagi kegiatannya dengan baik dengan tidak mengabaikan waktu belajar dan jam tidurnya.

2.Buat komitmen batas penggunaan gadget

Sebagai orang tua yang baik, ada baiknya bila bisa berkomitmen dengan sang buah hati. Buatlah peraturan tentang batasan jam penggunaan gadget bagi buah hati Anda. Misalkan batasi penggunaan gadget lima jam sehari.

3.Alihkan dengan kegiatan lain seperti olahraga

Jika buah hati sudah telanjur kecanduan gadget, maka ada baiknya untuk menyibukkan aktivitas anak dengan kegiatan lain. Olahraga bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk mengurangi kebiasaan bermain gadget. Alihkan dengan beberapa permainan sesuai hobinya seperti bermain basket, bulutangkis atau sepakbola.