Skip to main content

Temuan Ilmuwan, Jomblo Ternyata Punya Hal Positif Lho

alone
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Sebentar lagi perayaan hari Valentine akan dirayakan oleh sebagian orang. Jika Anda berstatus single atau biasa disebut jomblo, jangan berkecil hati. Pasalnya, ada sejumlah hal positif yang dimiliki oleh mereka yang masih berstatus lajang. 

 

Sebagaimana dilansir dari Xinhua, Minggu (11/2/2018), orang lajang cenderung memiliki jaringan sosial yang lebih kuat dan secara fisik lebih bugar. Mereka juga dinilai lebih berkembang sebagai individu saat mereka menerima kesendiriannya.

 

Para ilmuwan telah menemukan bahwa menjadi lajang cenderung sering menjangkau jaringan sosial mereka. Para jomblo juga lebih bisa memberi dan menerima bantuan dari jaringan mereka, yang dapat meningkatkan kebahagiaan mereka dan menguntungkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

 

Peneliti sosial bernama Natalia Sarkisian dan Naomi Gerstel, pada tahun 2015, mulai mengeksplorasi bagaimana variasi hubungan dengan saudara, tetangga, dan teman antara orang dewasa di Amerika yang lajang dan sudah menikah.

 

Keduanya menemukan bahwa para lajang tidak hanya cenderung sering berinteraksi dengan jejaring sosial mereka, tapi juga cenderung memberi dan menerima bantuan dari orang-orang lebih sering dibandingkan teman-temannya yang telah menikah.


Selain itu, penelitian lain juga menemukan kalau orang lajang memiliki BMI (Body Mass Index) rata-rata yang sedikit lebih rendah daripada yang sudah menikah.

 

Beberapa studi juga menemukan hubungan antara kesendirian dan peningkatan rasa kebebasan, tingkat kreativitas dan produktivitas yang lebih tinggi. Orang lajang lebih cenderung mengalami pertumbuhan pribadi secara psikologis.

 

Jadi, bagi mereka yang lajang, jangan berkecil hati bila Anda melewatkan perayaan Valentine tanpa momen romantis dengan seorang kekasih. Kini, saatnya Anda merayakan kesendirian dan mengembangkan diri menjadi lebih baik.