Skip to main content

Temu Kangen, Lintas Alumni SMPN 21 Makassar Bentuk Organisasi CACA

smpn 21
Perwakilan lintas alumni SMP Negeri 21 Makassar berswafoto di sela-sela acara temu kangen di Posa Cafe.(ist)

KABAR.NEWS, MAKASSAR — Ikatan Alumni (IKA) SMP Negeri 21 Kota Makassar telah mengadakan pertemuan sekaligus silaturahmi di Cafe Popsa, Sabtu (30/11/2019) dalam.


Pertemuan itu dalam rangka pembentukan organisasi lintas angkatan yang dinamai Cross Alumni Communication Activities (C.A.C.A). Organisasi ini nantinya akan bergerak di bidang sosial keagamaan serta bantuan hukum bagi alumninya.


Salah seorang alumni SMPN 21 Makassar, M Fitrah, mengatakan, tujuan dibentuknya CACA yakni selain menjalin silaturahmi dari lintas angkatan, juga nantinya akan bekerja di bidang sosial keagamaan.


“Kami merasa sebagai keluarga besar, dan pernah disatukan menjadi siswa SMP Negeri 21 selama tiga tahun.sudah seharusnya kami saling membantu kepada yang membutuhkan,” ujar M Fitrah.


Menurutnya, kegiatan kumpul-kumpul semacam ini tak sekadar temu kangen, atau bernostalgia saja. Melainkan punya bertekad ingin menjadi bagian dari perubahan bangsa terutama di Era 4.0. Untuk itulah, kata dia, organisasi CACA mesti dibentuk sebagai wahana untuk melakukan inventarisasi potensi alumni, agar kesejahteraan alumni yang belum beruntung bisa meningkat. 


Alumni angkatan 97 ini menambahkan, sejumlah alumni SMP Negeri 21 telah banyak yang sukses dan  berkiprah di berbagai daerah, baik di luar maupun di dalam Kota Makassar.

 

"Karena esensi kesuksesan tidak hanya diukur dari pangkat, jabatan atau status sosial. Namun seberapa jauh mereka yang telah sukses itu memberi manfaat bagi orang lain. Kita ingin merawat keragaman, karena semua orang itu penting. Justru melalui organisasi  ini kita ingin bergerak bersama," imbuhnya.


Selain itu, dikatakan oleh alumni SMPN 21 Makassar lainnya, Udhin, kegiatan temu kangen seperti ini selain untuk menggugah memori lama, juga untuk membangun semangat kepedulian kepada sesama alumni yang belum beruntung.


“Kami berharap, semakin banyaknya alumni yang bergabung semakin banyak peluang kerja yang tercipta. Sehingga gairah kebersamaan ini tidak berhenti di pembentukan organisasi saja lalu selesai dan sepi kegiatan, akan tetapi terus berlanjut," tandasnya.


“Kami ingin ada program yang berkelanjutan untuk membantu kepada sesama yang membutuhkan. Itulah makna dari pembentukan organisasi lintas angkatan yang kita sebut CACA," tutup alumni SMPN 21 Makassar angkatan 99 ini.(*)

 

loading...