Telan Anggaran Rp9 Miliar, Pemkot Genjot Revitalisasi RPH Modern

pengerjaan RPH menuju modernisasi. 

Telan Anggaran Rp9 Miliar, Pemkot Genjot Revitalisasi RPH Modern
Ket. Gambar: PJ Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin saat mengunjungi RPH Tamangapa 






KABAR.NEWS,  MAKASSAR--  Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa diklaim telah memiliki wajah baru. Kendati saat ini masih dalam tahap revitalisasi. 

PJ Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan pengerjaan RPH menuju modernisasi. 

Ia mengatakan RPH yang dulunya terkesan kurang terawat kini perlahan dibenahi dengan anggaran yang cukup besar. Olehnya itu, ia menegaskan penyediaan lahan pun akan menjadi prioritas pihaknya.  

“Kita ingin hadirkan RPH modern. Olehnya itu pengerjaannya tidak boleh setengah-setengah. Siapkan konsepnya,metodenya dan yang pasti lahannya menjadi prioritas. Ini di karenakan agar apa yang menjadi impian yakni RPH terbesar dapat kita wujudkan”,ungkap Rudy di RPH Tamangapa, Senin (4/1/2021).

Adapun anggaran yang telah disediakan kata Rudy masing-masing telah dialokasikan baik dari Pemrov Sulsel, Pemerintah Pusat, dan Pemkot Makassar. Sehingga ia optimis realisasi RPH akan segera dilakukan pihaknya. 

Pembebasan lahan sebesar 3,1 hektar(Ha) pun katanya telah dialokasikan dalam APBD melalui Dinas Pertahanan  

" Dari Pusat itu kita disuplai sebesar Rp 1,4 M yang akan digunakan untuk pengadaan dan pemasangan peralatan dan dari Pemprov Sulsel kucuran Rp 8,5 M untuk pembangunan fisik bangunan utama. Sementara dari Pemkot Makassar sendiri pembebasan lahan seluas 3,1 Ha sudah di anggarkan dalam APBD melalui Dinas Pertanahan” bebernya.

Dengan revitalisasi ini, Rudy berharap kualitas daging yang nantinya akan diproduksi bisa dinikmati warga Kota Makassar. 

“Kita revitalisasi RPH ini dengan harapan agar kualitas daging bisa lebih segar. Ingat daging ingat RPH. Ini yang ingin kita tanamkan ke masyarakat agar fokus pembelian dagingnya di sini saja. Olehnya itu semua aspek harus di perhatikan. Kebersihan dan kehalalannya. Cara penyembelihan dan pemisahan daging itu juga menjadi catatan," pungkasnya.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B