Tekan Inflasi, Pemkab Buteng Gelar Pasar Murah dan Bagikan Bibit Sayur

* Bertahap digelar di 10 kelurahan

Tekan Inflasi, Pemkab Buteng Gelar Pasar Murah dan Bagikan Bibit Sayur
Penjabat Bupati Kabupaten Buton Tengah, Muhammad Yusup (kiri) menyerahkan beras pasar murah kepada masyarakat di Kelurahan Lakudo, Kecamatan Lakudo, Selasa (18/10/2022). (KABAR.NEWS/Agusrianto)






KABAR.NEWS, Buton Tengah - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), gelar pasar murah sebagai upaya mencegah dan mengendalikan inflasi.


Penjabat (Pj) Bupati Buteng Muhammad Yusup mengatakan, pasar murah ini diharap dapat menjaga stabilitas ekonomi, khususnya dari aspek konsumsi masyarakat menengah ke bawah.


"Kita berupaya untuk membantu masyarakat yang dari segi ekonominya masih sulit, terlebih dalam situasi yang seperti sekarang ini," kata Muhammad Yusup pada pembukaan pasar murah di kantor Kelurahan Lakudo, Kecamatan Lakudo, Buteng, Selasa (18/10/2022).


Pj Bupati menyebut pasar murah ini akan digelar secara bertahap pada 10 kelurahan yang ada di daerah berjuluk 1.000 goa tersebut.


Selain pasar murah, Pemkab Buteng juga membagikan beberapa jenis bibit sayuran yang bisa ditanam di rumah. Bibit ini dibagikan kepada tiga kelurahan yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat.


Pak Yoker, sapaan Muhammad Yusup, menjelaskan bibit sayuran ini merupakan tanaman yang bisa ditanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah, di antaranya, sayur bayam, tomat dan cabai.


"Ada informasi tahun depan bahwa akan terjadi krisis, maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut, mari kita biasakan diri untuk memanfaatkan pekarangan rumah kita guna ditanami berbagai jenis tumbuhan yang setidaknya bisa menjaga stabilitas kerawanan pangan kita," tandas Pak Yoker.


Penulis: Agusrianto/B