Taufan Pawe ungkap Biaya Sewa Gelora Habibie: PSM Cuma Bayar Rp500 ribu

- Menurut Taufan hal itu sudah sesuai aturan

Taufan Pawe ungkap Biaya Sewa Gelora Habibie: PSM Cuma Bayar Rp500 ribu
Foto udara Stadion Gelora BJ Habibie di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. (Instagram/vkareye)






KABAR.NEWS, Parepare - Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Taufan Pawe mengungkapkan PSM Makassar hanya membayar biaya pinjam pakai atau sewa Stadion Gelora B.J Habibie sebesar Rp500 ribu per hari selama Liga 1.


Stadion Gelora Habibie yang berada di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare, menjadi markas PSM musim 2022/2023. Stadion ini sudah menggelar dua pertandingan Liga 1.


"Kita kasi bayar PSM cuma Rp500 ribu untuk biaya sewa per hari. Ini sesuai peraturan daerah. Kita Pemkot Parepare taat aturan untuk hal ini juga," ujar Taufan Pawe saat ditemui KABAR.NEWS usai laga PSM vs Persija Jakarta di Parepare, Jumat (5/8/2022).


Aturan sewa Stadio Gelora Habibie yang dimaksud Taufan Pawe adalah Peraturan Daerah atau Perda Kota Parepare nomor 3 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.


Dalam salinan Perda yang diperoleh KABAR.NEWS, pada pasal 23 poin 2 butir a disebutkan, bahwa retribusi pemakaian Stadion Gelora Mandiri (Habibi, red) Rp500 ribu perhari. Gelanggang ini masuk kategori tempat rekreasi dan olahraga.


Selain biaya sewa Rp500 ribu per hari, Pemkot Parepare juga mendapat potongan pajak 10 persen dari setiap harga tiket pertandingan Liga 1 yang dilakoni PSM di Stadion Gelora Habibie.


"Cuma 500 ribu satu kali dipakai ini barang. Pajak tiket sudah masuk dalam pajak hiburan sesuai aturan. Kemarin lawan Bali United, PSM dapat pendapatan tiket Rp1 miliar, kami dapat Rp100 juta lebih sebagai pajak. Tapi jangan lihat itunya," tutur Taufan yang sudah dua periode memimpin Parepare.


Tarif penggunaan Stadion Gelora Habibie yang berkapasitas 20 ribu penonton, relatif lebih murah dibanding stadion penyelenggara Liga 1. Sebut saja Stadion Brawijaya sebagai home base Persik Kediri, stadion ini dibanderol Rp3 juta untuk satu hari.


Taufan Pawe menjelaskan, biaya sewa stadion maupun pajak tiket PSM yang masuk ke Pemkot Parepare, hanya bagian kecil dari efek ekonomi digelarnya Liga 1 di Parepare. 


"Efeknya apa, penjual mie siram saja untung puluhan juta untuk setiap pertandingan, pemilik warkop pengunjungnya banyak. Itu hanya sebagian efek kecil. Inilah komitmen saya menjadikan Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap dengan hadirnya Industri Persepakbolaan," tandas Taufan.