Taufan Pawe Imbau Dinkes Parepare  Segera Tangani Warga Jika Bergejala Hepatitis Akut "Misterius"

*Sesuai dengan gejala yang dikeluarkan Kemenkes

Taufan Pawe Imbau Dinkes Parepare  Segera Tangani Warga Jika Bergejala Hepatitis Akut "Misterius"
Wali Kota Parepare Taufan Pawe. (IST)






KABAR.NEWS, Parepare - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekira 288 kasus Hepatitis Akut dari 20 negara dengan lebih dari 50 kasus tambahan yang masih dalam penyelidikan. 

Di Indonesia sendiri tercatat ada 3 kasus Hepatitis Akut meninggal dunia dalam dua pekan.

Fenomena Hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya, menjadi sorotan dunia setelah WHO menetapkannya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022.


Menanggapi hal itu, Wali Kota Parepare, Sulsel, Taufan Pawe meminta Dinas Kesehatan untuk memantau dan melaporkan apabila terdapat Hepatitis Akut sesuai dengan gejala yang telah dipublikasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).


"Terus pantau agar dapat ditangani sesegera dan secepat mungkin sehingga pasien dapat tertolong," ucap Taufan, Senin (9/5/2022).


Ketua DPD I Golkar Sulsel ini pun mengimbau agar tetap waspada dengan kemunculan penyakit tersebut.


"Tetap waspada namun jangan panik. Jika ada gejala segera bawa ke rumah sakit untuk diberikan penanganan medis," ungkap Wali Kota Parepare dua periode ini.


Berikut gejala Hepatitis Akut:


- Menurut Kemenkes, gejala awal Hepatitis akut misterius adalah gangguan gastrointestinal: mual, muntah, diare berat, demam ringan

Gejala bisa lanjut dengan:


- Air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB putih pucat, kulit dan mata kuning, gangguan pembekuan darah, kejang, penurunan kesadaran.

Penulis: Arsyad/C