Tarian Pa'gellu Tua Toraja Dipilih sebagai Konten Utama Pekan Kebudayaan Nasional 2021

Setelah melalui seleksi dan proses kurasi cukup lama

Tarian Pa'gellu Tua Toraja Dipilih sebagai Konten Utama Pekan Kebudayaan Nasional 2021
Konten video Gemulai Senja Pa'gellu Toraja pada event Pekan Kebudayaan Nasional 2021. (IST/Screenshot)






KABAR.NEWS, Makale - Tarian Pa'gellu Tua yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terpilih sebagai konten Program Utama Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang dirilis tayang pada hari ini, Rabu (24/11/2021).


Konten berjudul Gemulai Senja Pa'gellu tersebut dipersembahkan oleh Dinas Kebudayaan Tana Toraja (Tator) dan disutradarai oleh Krisnawati P. Ranteallo.


Tarian Pa'gellu Tua Toraja lolos menjadi PKN 2021 yang digelar Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek setelah melalui proses seleksi dan kurasi puluhan konten yang berasal dari berbagai daerah.


Hasilnya, Tarian Pa'gellu Tua Toraja terpilih masuk dalam 4 besar bersama Riak Kapuas Nafas Khatulistiwa (Kota Pontianak), Dembus Si Kepala Rusa (Kota Pangkal Pinang) dan Pupasragam Seni Bali (Provinsi Bali).


Krisnawati P. Ranteallo menjelaskan bahwa konten Gemulai Senja Pa'gellu  dikemas menarik dengan menampilkan suasana Toraja pada zaman dahulu ke zaman modern ini. 


Persembahan ini memperkenalkan budaya Toraja kepada mata dunia dengan menceritakan arti dari tarian Pa'gellu' Tua yang mulai jarang ditampilkan.


"Konten menggambarkan keseharian warga Toraja diiringi musik tradisional Pelle', Geso'-geso' dan Suling Te'dek/Todolo. Syuting pun dilakukan di beberapa lokasi ikon Kabupaten Tana Toraja, seperti Tongkonan Papabatu Tumakke, Rembon, Agrowisata Pango-pango, Wisata Religi Buntu Burake, dan Kompleks Tongkonan Tumbang Datu, Sangalla Utara," terang Krisnawati dalam keterangan tertulis, Rabu.


Event tahunan Ditjen Kebudayaan ini, pertama kalinya diikuti oleh Dinas Kebudayaan Tator sehingga disambut antusias oleh Kepala Dinas Ir. Bonifacius Paundanan.


"Berkat kerja sama tim, event tahunan yang pertama kalinya kita ikuti dan langsung lolos masuk program utama. Saya sangat bangga dan berharap ini menjadi batu loncatan untuk terus memperkenal budaya Toraja lewat konten-konten menarik dan mudah dipahami oleh semua kalangan," ucapnya.


Sementara Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengaku bangga atas prestasi tersebut. Dia mengatakan konten Gemulai Senja Pa'gellu bisa menjadi sumber pembalajaran dan inspirasi generasi di Bumi Lakipadada.


"Kalau menginginkan masa depan, jangan tinggalkan masa lalu. Apapun perubahan yang kita kembangkan di Toraja, tidak melupakan budaya asli Toraja," jelas Theofilus.


Mengetahui sutradara konten tersebut merupakan pemuda lokal Toraja, Krisnawati P.Ranteallo, Bupati Theo pun memberi apresiasi kepada pemuda Toraja yang dapat menyajikan konten-konten budaya asli Toraja.


Penulis: Febriani/B