Target Ekspor Meningkat, Balai Karantina Makassar: Optimis Tercapai

Kegiatan ekspor pertanian Sulsel ditargetkan meningkat 20 persen pada tahun 2021.

Target Ekspor Meningkat, Balai Karantina Makassar: Optimis Tercapai
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Karantina Pertanian Makassar, Musyaffak Fauzi. (Foto: KABAR.NEWS/Fitria Nugrah Madani)












KABAR.NEWS, Makassar - Giat untuk melakukan ekspor komoditi di sektor pertanian kembali akan difokuskan oleh Karantina Pertanian Makassar. Berdasarkan data, sepanjang tahun 2020 terjadi penurunan dibandingkan dengan ekspor pada tahun 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Karantina Pertanian Makassar, Musyaffak Fauzi mengatakan akan melakukan evaluasi pada upaya peningkatan kegiatan ekspor di Sulsel.

Ia menyebutkan saat ini kenaikan ekspor pada triwulan I sudah mencapai 8,1 persen. Namun, pihaknya akan menargetkan target ekspor di Sulsel bisa mencapai 20 persen pada tahun 2021. 

"Sedang kita evaluasi. Kenaikan ekspor 8,1 persen di triwulan I, itu 3 bulan. Saya akan targetkan 20 persen. Nanti kalau dikali empat, ya 24 persen," ujarnya kepada KABAR.NEWS di Hotel Claro, Senin (5/4/2021).

Dirinya cukup optimis meskipun saat ini terjadi penurunan frekuensi ekspor di tahun 2020. Namun, ia menyebutkan komoditas pertanian seperti porang, jagung, cabe dan kelapa justru mengalami peningkatan ekspor cukup pesat. 

"Kita strategi peningkatannya apa, apakah bisa kita perbaiki. Kemudian bahan baku, proses, pasar, kita sama perdagangan akan dikoordinasikan," ucapnya.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B