Tanpa Stadion, PSM Tetap Lolos Lisensi Klub AFC 

Dan Lisensi Klub Nasional 2021

Tanpa Stadion, PSM Tetap Lolos Lisensi Klub AFC 
Pemain PSM Makassar latihan perdana di Lapangan Bosowa Sport Center di Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Sembilan tim Liga 1 Indonesia mendapat status sebagai klub terlisensi AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021. Satu di antaranya adalah PSM Makassar.


Pemberian Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021 itu diputuskan Komite Lisensi Klub PSSI. Beberapa klub tidak mendapat lisensi karena sama sekali tidak memasukan dokumen yang disyaratkan.


"Ada beberapa klub yang sama sekali memang tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan. Kami berharap ke depannya semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat memaksimalkan untuk lolos di lisensi AFC,’’ ujar Ketua Komite Lisensi Klub Timmy Setiawan dikutip dari laman PSSI, Rabu (20/10/2021).


Keberhasilan PSM meraih Lisensi Klub AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021 dinilai mengejutkan. Sebabnya, Juku Eja secara infrastruktur tidak memiliki stadion atau home base.


Salah satu penilaian untuk memperoleh kedua lisensi tersebut adalah aspek infrastruktur. Selain persyaratan sporting, personel dan administrative, legal, dan finance. 

Aerial Foto: Proses pembongkaran Stadion Andi Mattalatta Mattoanging beberapa waktu lalu. Proyek renovasi stadion ini mangkrak. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)


Sebelum Liga 1 2021 bergulir, PSM menggunakan lapangan Bosowa Sport Center di Makassar sebagai fasilitas untuk latihan. Begitu juga saat melakukan uji coba. Belum lagi prahara gaji pemain yang menunggak sebelum kompetisi dimulai.


Selain PSM, delapan tim lainnya yang diganjar Lisensi AFC dan Lisensi Klub Nasional 2021 adalah Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya.


Proses Lisensi Klub 2021 telah dimulai sejak April 2021 dan diawali dengan telah diakreditasinya regulasi klub lisensi Club oleh AFC. 


‘’Keputusan ini kami lakukan secara kolektif kolegial dan tantangan ke depannya semua ada jejak digital, termasuk dokumen yang diupload dan disubmit seluruhnya sudah serba digital. Semoga ke depannya proses dan klub yang lulus akan bertambah," tandas Timmy.