Tanpa Perayaan, HUT Jeneponto ke-158 Tetap Bernilai Sejarah

Akibat pandemi Covid-19

Tanpa Perayaan, HUT Jeneponto ke-158 Tetap Bernilai Sejarah
Bupati Jeneponto, Sulsel, Iksan Iskandar saat memberikan sambutan pada perayaan HUT Jeneponto ke-158 di ruang pola kantor Bupati Jeneponto, Sabtu (1/5/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak).






KABAR.NEWS, Jeneponto - Suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, ke-158 terlihat cukup berbeda dibanding sebelumnya.


Tak tampak kemeriahan pada Hari Jadi Jeneponto tahun ini, kegiatan peringatan digelar secara sederhana di ruang pola panrannuanta, kantor Bupati, Sabtu (1/5/2021).


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama rombongan. Selain itu, juga dihadiri oleh anggota DPRD Jeneponto dan DPRD Sulsel serta tamu undangan lainnya.


Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya mengatakan, perayaan kali ini dilaksanakan secara sederhana akibat masih dalam situasi pandemi Covid-19.


"Peringatan Hari Jadi Jeneponto kali ini dilaksanakan secara sederhana tanpa ada kegiatan perayaan yang massif, sebab akibat dari pandemi Covid-19, tidak mengurangi makna dan nilai-nilai serta histori bagi seluruh masyarakat Jeneponto di mana pun berada," ujarnya.


Ia menambahkan, melalui momen ini segenap orang dituntun untuk senantiasa memelihara persatuan.


"Sebagai bentuk apresiasi kita terhadap segala pencapaian karsa karya dan budaya yang telah diperjuangkan oleh para leluhur Bumi Turatea," ungkapnya.


Dia juga mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan tekanan terhadap kondisi perekonomian nasional secara global, khususnya di Butta Turatea. Implikasi dari pandemi menjadikan pertumbuhan ekonomi daerah terpuruk hanya mencampai 0,16 persen pada tahun 2020.


"Di mana angka ini menurun tajam jika dibandingkan dengan tahun 2019 yang angkanya 5,47 persen. Namun lebih baik dari pertumbuhan ekonomi Sulsel yang mengalami kontraksi minus 0,70 persen. Meskipun dalam kondisi ini yang melambat tapi pendapatan perkapita masyarakat Jeneponto mengalami peningkatan pada tahun 2020," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/A