Skip to main content

Tangani Banjir di Makassar, Dinas PU Anggarkan Rp110 M

hfv
Kepala Bagian Pengelolahaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas PU Makassar, Fuad Azis. (Kabar.News/Fitria)

KABAR.NEWS, Makassar- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah menyiapkan sejumlah program untuk penanganan banjir di tahun 2020. Di APBD 2020, Dinas PU menganganggarkan sebesar Rp110 miliar.


"Kami sudah anggarkan sebesar angka itu sejalan dengan fokus Pemkot untuk menangani aliran air," ungkap Kepala Bagian Pengelolahaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas PU Makassar, Fuad Azis.


Program tersebut, diungkap Fuad difokuskan pada beberapa hal. Mulai dari pembangunan Rp45 miliar, rehabilitasi Rp43 miliar, pengendalian genangan Rp23 miliar dan sisanya untuk normalisasi kanal.


Baca juga: Makassar Siaga Banjir, Iqbal Suhaeb Minta Perbaikan Pintu Air


"Anggaran pembangunan difokuskan pada seluruh kecamatan. Terutama untuk daerah rawan, kami antisipasi zona V, seperti Tamalanrea, Biringkanaya. Targetnya dengan menyelesaikan 3-4 kawasan," tambah Fuad.


Upaya ini, kata Fuad, untuk meningkatkan kinerja saluran drainase, terutama mengenai saluran tersier dan sekunder.


"ita cegah dulu masalah utamanya, sambil kita juga koordinasi dengan balai untuk bagaimana daerah banjir seperti daerah kodam III itu bisa ditangani, seperti dibuatkan tanggul  atau aquapont," tuturnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/CP/B

 

loading...