Tak Pakai Masker, Pengunjung Pasar di Bantaeng Langsung Diswab

Jumlahnya puluhan

Tak Pakai Masker, Pengunjung Pasar di Bantaeng Langsung Diswab
Petugas Dinas Kesehatan Bantaeng saat melakukan tes usap dahak atau swab terhadap pengunjung pasar tak memakai masker, Sabtu (12/12/2020). (IST)






KABAR.NEWS, Bantaeng - Puluhan warga Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan terjaring dalam operasi yustisi Covid-19. Mereka kedapatan melanggar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.


Operasi Yustisi kali ini menyasar salah satu pasar rakyat di lapangan hitam, Bantaeng, Sabtu (12/12/2020), yang melibatkan petugas gabungan terdiri dari Kodim 1410 Bantaeng dan unsur Forkopimda.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantaeng, Ikhsan mengatakan, ada 25 pengunjung pasar terjaring tidak memakai masker. Setiap pelanggar ini langsung dilakukan pengambilan swab test Covid-19.


"Pengunjung yang tidak memakai masker tersebut selanjutnya dilakukan pengambilan sampel swab yang diperiksa melalui RT-PCR," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu.


Penegakan aturan ini, kata dia, sejalan dengan surat edaran (SE) Gubernur Sulsel No.0/SEd/XII/2020 tentang penegakan protokol pengendalian Covid-19-19, serta antisipasi tren peningkatan kasus konfirmasi Covid-19-19 di Bantaeng.


Ikhsan mengaku, kegiatan serupa akan terus digelar secara rutin setiap hari untuk memastikan masyarakat tidak terpapar virus corona, sehingga menjadi modal utama dalam membangkitkan perekonomian masyarakat.


"InsyaAllah beberapa hari ke depan Forkompinda dan Pejabat Pemkab Bantaeng beserta TNI-Polri dan Satpol PP akan bergerak terus ke tempat-tempat umum memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara baik dan konsisten," jelasnya.


Penulis: Akbar Razak/B