Tak Pakai Masker, Jemaah Salat Jumat di Bantaeng Dites Swab

- Tes di tempat

Tak Pakai Masker, Jemaah Salat Jumat di Bantaeng Dites Swab
Petugas satgas Covid-19 Bataeng saat melakukan swab terhadap jemaah Salat Jumat yang kedapatan tak memakai masker. (KABAR.NEWS/Akbar Razak).






KABAR.NEWS, Bantaeng - Sejumlah jemaah Salat Jumat di Masjid Muhajirin Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, pada Jumat (25/12/2020) harus menjalani pengambilan spesimen atau tes swab karena tak memakai masker. 


Jemaah masjid yang terciduk tak memakai masker langsung menjalani swab di tempat oleh Tim Satgas Covid-19 Bantaeng yang turut melakukan operasi yustisi di masjid yang berlamat di Jalan T.A Gani tersebut.


Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Bantaeng, dr Ikhsan mengatakan, dari operasi yustisi ini, ada 5 warga yang di swab di tempat. "Yang tidak memakai masker, ada 5 sampel yang kita ambil," ujarnya kepada KABAR.NEWS di lokasi.


Testing Covid-19 dilakukan pemerintah setempat setelah keluar dari status zona merah ke zona orange. Menurut Ikhsan, masih banyak masjid di Butta Toa' yang kurang menerapkan protokol kesehatan. 


"Contohnya memakai masker dan menjaga jarak, dan ketika itu tidak dilaksanakan secara otomatis kita tida bisa menekan angka penularan covid-19," tandasnya.


Sedangkan sampel swab kelima orang itu rencananya akan dikirim hari ini ke kota Makassar. Untuk hasilnya akan diumumkan pada hari Selasa mendatang.


"Dikirim ke Makassar untuk dilakukan pemeriksaan. Hasilnya Insya allah hari Selasa," pungkasnya.


Diketahui, total positif Covid-19 di Bantaeng per Jumat (25/12/2020), berjumlah 580 kasus. Sebanyak 413 di antaranya sudah dinyatakan sembuh, sedangkan 10 lainnya meninggal dunia. Sedangkan kasus aktif sebanyak 131 orang masih menjalani isolasi. 


Penulis: Akbar Razak/A