Skip to main content

Tak Kantongi Izin Usaha, 2 Pabrik Tahu di Sinjai Masuk Pengawasan SatPol PP

gg
Pemasangan sticker pengawasan di lokasi pabrik tahu oleh SatPol PP Sinjai. (Kabar.News/ Syarif).

KABAR.NEWS, Sinjai - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Sinjai melakukan pemasangan sticker pengawasan izin dan pembuangan limbah pabrik tahu yang terletak di Jalan Sungkai Tangka dan di Jalan Bulu Lasiai, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai,Rabu, (15/1/2020).


Kasat Pol PP dan Damkar kabupaten Sinjai, Agung Budi Prayogo kepada Kabar.News mengatakan bahwa langkah tersebut sebagai bentuk tindakan penegakan Perda yang dalam hal  dilakukan oleh bidang penegakan dan PPNS SatPol PP.


"Dalam proses pengawasan tersebut diberikan tenggang waktu sampai batas waktu teguran ke 3 dan apabila tidak diindahkan maka akan ditindaklanjuti secara yustisi oleh PPNS SatPol PP," jelas Agung.


Lanjut Agung, empat pengusaha tahu di Sinjai, satu sudah berizin, satunya lagi masih dalam proses. Sementara yang dua itu baru mengajukan ijin di Dinas Lingkungan Hidup.


Sementara, Muh Nur Abdullah, selaku Kabid Penegakan Perda Satuan Pol PP dan Damkar Sinjai yang menjelaskan kegiatan pengawasan ini dilakukan untuk memantau langsung operasi pabrik ini.


“Pengawasan pabrik tahu ini, menindaklanjuti laporan Dinas Lingkuan Hidup dan aduan masyarakat lewat media sosial terkait limbah industri, selain itu pabrik ini juga menyebabkan limbah industri belum memiliki izin usaha,” ujarnya.


Sementara kedua pabrik tahu tersebut, mendapatkan pemberian surat teguran yang dalam hal ini oleh PPD teknis (DLHK) dan pelaksanan Wasmat oleh Satpol PP dan PPNS, dengan melakukan pemasangan sticker pepengawasan.


Nur Abdullah menambahkan, agar pemilik pabrik segera bergerak menindaklanjuti hasil pengawasan Satpol PP untuk segara mengurus izin dan mematuhi syarat-syarat dalam proses pembuatan izin.


“Jadi 2 pabrik tahu ini dalam pengawasan dan apa bila dalam waktu yang ditentukan belum mematuhi maka pabrik ini akan kita segel,” tegasnya.


Penulis: Syarif/B

 

loading...