Skip to main content

Tak Hanya Bagi Kesehatan, Polusi Juga Picu Orang Berbuat Jahat

polusi
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Tidak bisa dipungkiri bahwa dampak buruk polusi udara bagi kesehatan sangatlah besar. Salah satunya menyebabkan penyakit paru-paru. Tak hanya itu, ternyata polusi udara juga bisa memicu seseorang menderita penyakit jiwa.

 

Parahnya, polusi juga dianggap sebagai pendorong seseorang untuk mudah melakukan kejahatan, seperi perampokan. Hal tersebut ditunjukkan  kalau kejahatan itu memang lebih sering terjadi di kota besar yang berpolusi dibandingkan di pedesaan. 


Para ilmuwan menelusuri data dari 9.360 kota-kota di Amerika Serikat selama sembilan tahun yang memiliki polusi udara tinggi.

 

Ternyata kota dengan polusi berkaitan dengan maraknya kejahatan dan kebohongan. Kejahatan yang sering terjadi di kota berpolusi adalah pembunuhan dan perampokan. Jika kota itu memiliki polusi makin buruk, maka tingkat kejahatannya juga semakin tinggi.

 

“Penelitian ini menyimpulkan kalau polusi memperburuk moralitas,” kata Jackson Lu, peneliti dari Sekolah Bisnis Columbia, dilansir The Sun pada Selasa (13/2/2018).

 

“Keterkaitan antara polusi dan mentalitas sangat penting karena polusi udara merupakan isu global yang serius yang berdampak pada miliaran orang di dunia,” paparnya.

 

Selain itu, faktor lainnya seperti jumlah penduduk, petugas keamanan, distribusi ras, kemiskinan, dan tingkat pengangguran juga menjadi fokus dalam Penelitian itu.