Skip to main content

Tahun 2018, XL Asiata Bakal Bangun Jaringan Besar-besaran

xl asiata
Vice President (VP) North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi saat memaparkan pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan PT XL Axiata. (KABAR.NEWS/Ulfa)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Untuk lebih meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tahun ini bertekad untuk melanjutkan pembangunan jaringan data secara besar-besaran khususnya di luar Jawa.

 

Vice President (VP) North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi mengatakan, di sepanjang tahun 2017, XL Axiata mencatat kinerja yang kuat dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utama.

 

Dimana, kata dia, jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat dan mampu mendorong kenaikan traffic layanan data hingga 2x lipat atau meningkat sebesar 148 persen YoY.

 

Prestasi XL Axiata tahun lalu juga dikarenakan faktor berlanjutnya perluasan jaringan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi, kemudian mendorong pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan traffic dari wilayah luar Jawa.

 

"Pencapaian XL Axiata sepanjang 2017 secara jelas memberikan sinyal bahwa kini saatnya kami musti melangkah ke fase berikutnya, yaitu memaksimalkan kemampuan jaringan data guna meningkatkan kualitas layanan, juga memperluas cakupan layanan ke area-area luar Jawa," katanya.

 

Dia menambahkan, di tahun 2018 XL Axiata menggunakan spirit "Jadi Lebih Baik" mendasari komitmen untuk terus berusaha menjadi lebih baik dengan mengembangkan jaringan data berkualitas ke berbagai penjuru tanah air.

 

"Komitmen XL Axiata ini tidak terlepas dari komitmen kuat perusahaan untuk mampu mendorong masyarakat Indonesia menjadi lebih baik untuk dirinya sendiri dan keluarga, juga masyarakat dan komunitas sekitar dalam segala aspek kehidupan," ujarnya.

 

Dia menjelaskan, pembangunan jaringan data masih akan dilakukan di Jawa, terutama untuk peningkatan kualitas layanan, sedangkan prioritas dilaksanakan di luar Jawa khususnya di Kalimantan, Sulawesi hingga Papua untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu.

 

XL Axiata berencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE.

 

"Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93 persen, sementara layanan 4G mencapai 85 persen dari total populasi," jelasnya.

 

Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru & IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90 persen dari anggaran belanja modal (Capex)  tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp7 triliun.

 

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

 

Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar. Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60 persen di antaranya berada di luar Jawa.  Pembangunan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan juga perluasan wilayah layanan.

 

Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per ahir tahun 2017, tercatat 72 persen dari total pelanggan atau Rp38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32 persen dari capaian tahun lalu. Sementara, jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73 persen.

 
  • Ulfa