Skip to main content

Tahukah Kamu? Jeruk Nipis Bisa Bikin Nasi Tidak Cepat Basi

Tahukah Kamu? Jeruk Nipis Bisa Bikin Nasi Tidak Cepat Basi
Ilustrasi jeruk nipis. (Int)

KABAR.NEWS - Perhatian mengenai dampak lingkungan jika membuang makanan saat ini dirasa perlu ditingkatkan khususnya bagi seorang ibu rumah tangga di mana aktivitas membuang makanan mungkin lebih sering dilakukan dan dalam jumlah yang banyak.

 

Selain berdampak bagi lingkungan, membuang makanan juga secara sadar atau tidak membuat seorang ibu rumah tangga juga merasa bersalah. Meski demikian, makanan yang tidak layak dikonsumsi harusnya segera dibuang.

 

Salah satu makanan yang paling sering dibuang adalah nasi, karena kebutuhan orang dalam mengonsumsi nasi sehari hari tentu berbeda. Hal ini membuat kita tidak bisa menghindari untuk membuang makanan pokok ini.

 

Namun, hal tersebut kini bisa disiasati dengan salah satu cara yaitu menambahkan peradan jeruk nipis saat kita memasak nasi entah itu menggunakan ricecooker atau menggunakan cara tradisional seperti aron.

Cara memasak nasi dengan peraan jeruk nipis juga cukup mudah. Cukup dengan mencuci beras yang akan dimasak. Jangan diremas-remas terlalu kuat supaya kandungan vitamin B-nya tidak berkurang. Selanjutnya tambahkan air kira-kira 1 ruas jari telunjuk dari permukaan beras, tetapi ukuran ini tergantung jenis berasnya, ada beras yang butuh banyak air ada pula yang tidak. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis, untuk 1 kg beras tambahkan 1 jeruk nipis. Boleh juga ditambahkan sehelai daun pandan wangi kalau ingin nasinya beraroma pandan. Setelah itu, nyalakan rice cooker dan tunggu sampai masak.

 

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, oleh karena itu asam sitrat juga digunakan dalam mengawetkan makanan dan minuman dalam sektor industri. Selain membuat nasi tidak cepat basi, kandungan asam sitrat pada jetuk nipis juga membuat nasi terlihat lebih putih dan bersih.

 

loading...