Skip to main content

Tahukah Kamu? Beberapa Negara Ini Jalani Ibadah Puasa dengan Durasi Lebih Panjang

Tahukah Kamu? Beberapa Negara Ini Jalani Ibadah Puasa dengan Durasi Lebih Panjang
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Bulan suci penuh berkah yang dinanti-nanti ummat muslim seluruh dunia telah tiba.

Artinya, kita harus menahan segala bentuk hawa nafsu termasuk menahan lapar dan haus dari terbit hingga terbenamnya matahari.

Namun tahukah kamu? Ternyata waktu berbuka puasa di seluruh belahan dunia berbeda. Ada yang cukup singkat menjalankan puasa, namun ada juga yang menjalankan dengan durasi lebih lama.

Hal ini dikarenakan pada musim dan garis lintang tempat tinggal. Dalam tiga tahun terakhir, waktu puasa rata-rata lebih lama, hal tersebut terjadi bertepatan dengan musim panas di Timur Tengah dan Asia Selatan.


Dilansir dari laman Morocco World News, Kamis 17 Mei 2018 berikut ini durasi waktu puasa Ramadan untuk tahun 2018.


1. Benua Eropa

Denmark akan menjalankan ibadah puasa sekitar 19 jam untuk tahun ini, atau turun 2 jam di tahun 2017 yakni selama 21 jam. Adapun Swedia, Islandia dan Norwegia, negara-negara Nordik masih akan tetap menjalankan 20 jam ibadah puasa.

Muslim di Belanda, Belgia dan Jerman akan berpuasa selama 18 jam, sementara mereka yang menjalankan ibadah puasa Ramadan di Spanyol akan berpuasa selama 17 jam.

2. Timur Tengah dan Afrika Utara

Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara akan mengalami jam puasa sedikit lebih pendek daripada di Eropa. Puasa akan terjadi selama 15 jam di Kuwait, Irak, Arab Saudi, Yordania, sedangkan di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya akan menjalani ibadah puasa selama 16 jam. Sementara di Sudan, umat Islam akan berpuasa selama 13 jam.

3. Benua Asia dan Australia

Di Asia, kebanyakan Muslim akan berpuasa selama 14 hingga 16 jam. Pakistan dan Bangladesh akan berpuasa selama 14 jam, sementara India akan berpuasa selama 15 jam. Umat muslim di Indonesia untuk tahun ini akan menjalankan ibadah puasa selama 13 jam. Australia, yang mendekati musim dinginnya, akan berpuasa selama 12 jam.

4. Amerika Utara / Selatan

Muslim di Amerika Serikat dan Kanada akan berpuasa selama 16 hingga 19 jam, tergantung pada lokasi persisnya. Sedangkan umat Muslim di Brasil dan Argentina akan berpuasa selama 12 jam.