Taat Prokes, Ketua Satgas Doni Monardo Positif Covid-19

- Setelah dari Sulbar

Taat Prokes, Ketua Satgas Doni Monardo Positif Covid-19
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Dok. Setkab)






KABAR.NEWS, Jakarta - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus corona. Kepala BNPB itu dinyatakan positif usai pulang dari Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).


"Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif Covid-19 dengan CT Value 25," kata Doni seperti dilansir Kantor Berita Antara, Sabtu (23/1/2021).


Selaku Kepala BNPB, dalam sepekan terakhir perwira tinggi TNI itu sibuk memimpin penanganan dampak gempa bumi di Sulbar dan banjir di Kalimantan Selatan.


Doni baru kembali dari Sulbar pada Jumat sore kemarin. Pada sore itu juga dia bersama seluruh staf yang mendampinginya selama kunjungan kerja di Sulbar dan Kalimantan Selatan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan Covid-19. 


"Saya sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan pagi ini tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan, berjalan kaki delapan kilometer," kata Doni.

Doni menuturkan bahwa selama ini dia disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan virus corona, selalu memakai masker dan rutin mencuci tangan.


Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, Doni yang merupakan "panglima" penanganan pandemi di Indonesia belum menerima suntikan Vaksin Covid-19. "Beliau belum divaksin," ujar Wiku Adisasmito dikutip dari Kumparan.


Wiku menjelaskan, Doni memang belum menerima vaksin karena vaksinasi mendahulukan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Bukan karena tak memenuhi syarat vaksinasi sebelum terinfeksi corona. 


"Tidak dikecualikan karena waktu itu mengutamakan tokoh agama dan tokoh masyarakat," jelasnya.