SYL Boyong Pejabat Kementan Kembangkan Pertanian Jeneponto

*Bupati Jeneponto Iksan Iskandar berterima kasih atas perhatian SYL

SYL Boyong Pejabat Kementan Kembangkan Pertanian Jeneponto
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (ketiga kiri) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/1/2022). (KABAR.NEWS/Akbar Razak)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (8/1/2022).


Mentan bersama Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar meninjau lahan yang diproyeksikan sebagai lokasi penanaman jagung di Kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu.


Selain itu, Mentan SYL juga meninjau sebuah danau yang akan dijadikan sebagai lokasi pengairan untuk tanam jagung nanti. Salah satu upaya Kementan adalah menjalankan program irigasi perpipaan.


Terkait hal tersebut, Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) akan merealisasikan irigasi perpipaan untuk Kelompok Agronative Farm di Butta Turatea.


Berkat program tersebut, produksi dan daya saing kelompok yang bergerak di bidang hortikultura itu pun meningkat tajam. Hal ini lantaran pasokan air dapat terpenuhi dengan baik.


Mentan SYL juga menyampaikan bahwa air merupakan kebutuhan mutlak untuk sektor pertanian. Tanpa air, mustahil pertanian akan berkembang dengan baik dan optimal.


"Air itu salah satu faktor penting bagi pertanian. Untuk itu, irigasi perpipaan ini merupakan program strategis untuk mengaliri lahan persawahan milik petani agar tak terganggu," ujar Syahrul.


Menurut Mentan, lahan pertanian di Jeneponto sangat luas untuk dikelola dan dikembangkan. Dia menegaskan Kementan akan hadir memberikan solusi agar petani Jeneponto dapat meningkatkan kesejahteraannya.


"Kami membawa beberapa pejabat di antaranya Kasdi Subagyono (Sekjen), Ali jamil (Dirjen Prasana dan Sarana Pertanian), Suwandi (Dirjen Tanaman Pangan), Fadjri Jufri (Kepala Litbang), Muh. Hatta (Direktur Pukpes) dan beberapa pejabat Kementerian pertanian, ini menjadi salah satu bukti  perhatian dan konsentrasi kami untuk pengembangan sektor pertanian di Jeneponto," jelasnya.


Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mengapresiasi Mentan sylatas perhatian besarnya terhadap peningkatan produktivitas pertanian dan kesejateraan petani di Jeneponto.


"Pak Mentan telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Jeneponto khususnya sektor pertanian. Sejak beliau menjadi Menteri sudah beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke Jeneponto dan memberikan bantuan kepada masyarakat," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/A