Syahar puji Program Pertanian Gubernur Sulsel tekan Inflasi

* Salah satunya program mandiri benih

Syahar puji Program Pertanian Gubernur Sulsel tekan Inflasi
Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Syaharuddin Alrif atau Syahar menyampaikan apresiasi Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dalam program penganggaran tahun 2023, khususnya penanganan inflasi.


Salah satu program yang diapresiasi legislator Fraksi NasDem tersebut yakni Mandiri Benih untuk 100 ribu hektar lahan pertanian di Sulsel. Program ini katanya mendatangkan uang baru di masyarakat.


Ia mengkalkulasi jika rata-rata hasil pertanian per hektar naik sekitar 2 ton. Di mana setiap ton-nya Rp10 juta dan dikalikan 100 ribu hektar. Maka terdapat uang baru sekitar Rp2 triliun di Sulsel.


“Seperti dikatakan Bapak Bupati Soppeng itu per hektarnya 10 juta. Ini (Sulsel) dikalikan 100 ribu hektar. Itu ada uang baru di Sulsel sekitar Rp2 triliun," kata Syahar dalam keterangan tertulis, Rabu (12/10/2022).


Program lainnya yang dipuji Syahar adalah menanam di halaman rumah, menanam cabe, tomat dan  bawang. Menurutnya, program ini cukup strategis menekan inflasi. 


“Saya rasa Pak Gubernur sudah cukup bagus, dan ini kami melihat di masyarakat sebagai wakil rakyat yang sering turun ke masyarakat,” ujarnya.


Contoh lain yang disampaikan di sektor kesehatan tahun 2023. Menurutnya, dari kebijakan Gubernur, terdapat 1,7 juta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD yang dibayarkan BPJS Kesehatan.


“Sisanya pemerintah kabupaten untuk membantu itu. Ada Rp219 miliar untuk 2023,” ucapnya. Meski terjadi inflasi, politisi asal Kabupaten Sidrap ini optimis bahwa ekonomi Sulsel akan bangkit.


“Demikian juga DPRD Sulsel men-support Forkopimda untuk kemajuan Sulsel agar Supaya akhir Oktober 2022 Oktober sampai akhir Januari 2023 awal Insya Allah Sulsel kembali normal dan bangkit kembali ekonominya di tingkat Sulsel," kata Syahar.