Swab Negatif, Tim Bulutungkis Indonesia Diizinkan Pulang 

Tim bulutangkis Indonesia dijadwalkan tiba di Jakarta, Senin (22/3/2021).

Swab Negatif, Tim Bulutungkis Indonesia Diizinkan Pulang 
Pasangan bulutangkis Indonesia, Markus Gideon dan Kevin Sanjaya. (Foto: PP PBSI)






KABAR.NEWS - Tim bulutangkis Indonesia akhirnya bisa pulang ke Indonesia usai hasil swab PCR dinyatakan negatif. Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya membenarkan tim Indonesia dijadwalkan pulang ke Indonesia Minggu, (21/3/2021). 

Desra menjelaskan berdasarkan hasil tes swab PCR, tim bulutangkis Indonesia di All England negatif Covid-19. Jonatan Christie dkk bisa pulang sesuai rencana, yakni hari Minggu (21/3/2021). Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melalui akun twitter resminya juga menyatakan hasil swab PCR Gresya Poli dkk dinyatakan negatif. 

Proses swab dilakukan oleh dokter PBSI, dr. Octaviani di hotel tim pada Jumat (19/3) waktu setempat. Sementara peralatan tes didapat dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, yang diantar langsung oleh Dubes RI Desra Percaya.

Desra menjelaskan tim bulutangkis Indonesia pulang ke Indonesia dengan menaiki Tuskish Airlines dengan nomor penerbangan TK1972 dari London ke Instanbul, Turki pada pukul 17.40 waktu setempat. Nantinya, tim bulutangkis Indonesia akan transit selama dua jam di Istanbul, sebelum melanjutkan penerbangan ke Jakarta dan dijadwalkan tiba pada Senin (22/3/2021) pukul 18.00 WIB.

Desra menjelaskan setelah tiba di Indonesia, nantinya tim bulutangkis Indonesia akan kembali menjalani karantina selama lima hari. Rencananya, tim bulutangkis Indonesia akan dikarantina di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat. 

"Sesuai regulasi pemerintah, warga yang telah berpergian dari luar negeri akan menjalani karantina selama lima hari," ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Minggu (21/3/2021). 

Sesuai regulasi pemerintah Indonesia, setelah bepergian dari luar negeri, tim bulutangkis Indonesia akan menjalani karantina selama lima hari sesampainya di Jakarta. Karantina akan dilakukan di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sekadar diketahui, tim bulutangkis Indonesia dipaksa mundur dari All England 2021 pada Rabu (17/3/2021) waktu setempat. Padahal belum semua wakil Merah Putih bertanding.

Penyebabnya adalah kontingen Indonesia dinilai kontak dekat dengan seorang penumpang positif Covid-19 dalam penerbangan Istanbul-Birmingham. Akibatnya, skuad bulutangkis Indonesia harus menjalani isolasi selama 10 hari sampai tanggal 23 Maret 2021.