Skip to main content

Susunan Jadwal Pendaftaran Calon Kandidat Pilkada Maros

KPU Maros
Simulasi pendafaran bakal calon di aula KPU Maros, Jalan Asoka, Turikal.(KABAR.NEWS/Fahrul)

KABAR.NEWS, MAROS - Pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros bakal dibuka mulai besok, Jumat (4/9/2020) sampai Minggu (6/92020). Para calon telah berkoordinasi dengan KPU terkait waktu jadwal pendaftaran mereka.


Diketahui, Andi Harmil Mattotorang dan Andi Ilham Nadjamuddin ) bakal menjadi pasangan calon kandidat yang terjadwal sebagai pendaftar pertama di KPU. Direncanakan pasangan bertagline "Maros Unggul" ini akan mendaftar pada Jumat pagi, 4 September 2020. 


"Insya Allah besok kami akan kumpul di sini paling lambat pukul 8:00 Wita pagi. Kita adakan ceremoni deklarasi, do'a bersama, dan kita akan jalan kaki ke KPU," ucap Harmil selepas penyerahan dikungan dari Partai Berkarya, di Baruga Pemenangan Maros Unggul, Jalan Nasrum Amirullah, Maros, Kamis (3/9/2020).


Sementara pasangan Tajerimin dan Havid Fasha (Tahfidz), bakal menjadi pendaftar kedua di hari yang sama. Ketua Tim pemenangan Tahfidz, Patarai Amir mengatakan, timnya sementara berkoordinasi dengan KPU guna menentukan jadwal agar tidak berbenturan dengan calon lain.


"Saya dengan pasangan Unggul juga hari Jumat. Jadi LO kami masih berkoordinasi dengan KPU, kita mau tau jamnya mereka jam berapa. Kami juga sementara mempersiapkan deklarasi di hari yang sama, setelah deklarasi kita berangkat ke KPU," ungkap Patarai, Ketua TIm Pemenangan "Maros Untuk Semua" .


Sedangkan, pasangan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari memilih datang di hari kedua atau Sabtu, 5 September 2020. Pasangan dengan tagline "HatiKita Keren" ini juga akan menggelar deklarasi di halaman Posko Pemenangannya, di Jalan Jenderal Sudirman, Maros, sebelum mendatangi KPU.


“Dengan deklarasi ini kita menyatukan seluruh potensi dukungan, baik dari partai pengusung dan juga partai-partai pendukung. Begitu juga dengan tim, sahabat-sahabat, dan keluarga,” kata Chaidir saat dikonfirmasi.


KPU Maros pun telah mempersiapkan kedatangan bakal calon yang akan mendaftar. Simulasi pendaftaran telah dilakukan pada 2 September kemarin, kemudian dilanjutkan dengan rapat Koordinasi hari ini dengan aparat keamanan partai pendukung dan LO pasangan Bakal Calon.


"Partai pendukung sudah berkoordinasi dengan kami, terkait jadwal pendaftarannya. Simulasi pendaftaran juga telah kami lakukan, dan besok juga aga rapat koordinasi dengan kepolisian juga LO bakal calon. Berdasarkan simulasi tadi, kita perkirakan setiap bakal calon memerlukan waktu 1jam 30 menit pemdaftran," ungkap Ketua KPU Maros, Samsu Rizal, Rabu (2/8/2020).


Rizal menambahkan, KPU dan pihak Kepolisian akan memperketat pembatasan jumlah orang yamg masuk ke kantor KPU Maros. Ia menjelaskan setiap orang yang masuk akan diberi ID card, dan yang boleh masuk di aula pendafaran tidak boleh lebih dari 50 orang.


"Berdasarkan aturan teknis kesehatan di saat pamdemi ini. Dalam ruangan itu tidak boleh melebihi setengan dari kapasitas ruangan. Kapasitas aula kami 100 orang, jadi yang boleh masuk nanti hanya 50 orang. Setiap orang akan diberi ID card termasuk teman-teman wartawan," jelas Rizal.


Untuk mengakomodir keterbatasan pendukung yang masuk, pihak KPU juga akan menyiarkan langsung secara live proses pendaftaran bakal calon di laman Facebook KPU Maros.


"Kita akan siarkan secara live di Facebook KPU Maros, agar masyarakat bisa melihat secara langsung," pungkasnya.

Penulis: Fahru/B

 

Flower

 

loading...