Skip to main content

Survei JSI: Kepuasan Masyarakat Terharap Kinerja Pemkab Gowa Capai 83,3 Persen

PEMKAB GOWA
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni. (IST)

 

KABAR.NEWS, Gowa - PT  Jaringan Suara Indonesia (JSI) menyebutkan, dari hasil survei yang dilakukan pada pertengahan Maret 2019, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa dibawah pimpinan Bupati Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Abd Rauf Malaganni, naik hingga 83,3 persen.

 

Jumlah ini meningkat jika dibandingkan pada Februari di tahun yang sama, yakni sekitar 81,8 persen. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua JSI, Eka Kusmayadi, pada Laporan Hasil Survei Kebijakan Publik Kabupaten Gowa di sela-sela pembukaan Musrembang RKPD Kabupaten Gowa 2019, di Gedung D'Bollo, Senin (25/3/2019).

 

"Survei yang kita lakukan di wilayah Sulsel termasuk di Gowa ini dari rumah ke rumah atau door to door dengan sistem tatap muka. Survei ini sebagai bentuk perhatian kami terhadap perkembangan kepuasan masyarakat di Gowa terhadap kerja-kerja pemerintah," ungkapnya.

 

Adapun hasil survei ini diambil dari 1.050 sampel atau masyarakat di 18 kecamatan di Gowa. Sementara untuk ketidakpuasan masyarakat dari hasil survei tersebut sekitar 13,1 persen. Mereka mengatakan tidak puas. Jumlah ini menurun jika dibandingkan pada Februari 2019 lalu sekitar 15,8 persen.

 

"Tahun lalu saya memang menantang Bupati Gowa agar angka kepuasan kinerja pemerintah naik hingga menyentuh 83 persen. Ini dengan melihat potensi harapan masyarakat kepada pemerintah. Dan Allhamdulilah, hari ini Bupati Gowa bersama wakil dan jajarannya berhasil mencapai itu," terangnya.

 

Menurut dia, penilaian kinerja ini dipastikan 100 persen. Apalagi ini dinilai langsung oleh publik. Mulai dari segmen gender, usia, pendidikan hingga segmen pendapatannya. Meski kinerja yang diberikan sudah sangat bagus, tapi hal ini perlu didorong lagi. Apalagi pada hasil ketidakpuasan masyarakat masih di atas 10 persen, sehingga harus menjadi perhatian.

 

Sementara, untuk kepuasan di masing-masing kecamatan, hampir keseluruhan tingkat kepuasan pelayanan publik di atas 80 persen dengan nilai variatif mulai 81 hingga 88 persen. Begitupun dengan angka ketidakpuasan kinerja mulai dari 8 persen hingga 16 persen.

 

"Wilayah dengan tingkat kepuasan tertinggi atau 88,0 persen ada di wilayah Gowa 3 meliput Kecamatan Parigi, Tinggimoncong hingga Tombolo Pao," ujarnya.

 

Menanggapi hasil survei tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan ini akan menjadi tolak ukur pemerintah. Data tersebut akan dijadikan referensi untuk peningkatan kinerja ke depan.

 

"Kami akan menjadikan hasil survei ini sebagai referensi untuk meningkatkan kinerja Pemkab Gowa ke depan. Tentu ini akan menjadi tolak ukur bagi kami," ujar Adnan.

 

Afrilian Cahaya Putri

 

loading...