Surati Jokowi, Gatot Tak Hadiri Penganugerahan Bintang Mahaputera

Isinya tentang

Surati Jokowi, Gatot Tak Hadiri Penganugerahan Bintang Mahaputera
Gatot Nurmantyo saat masih menjabat Panglima TNI. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jakarta - Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo batal hadir untuk menerima anugerah Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istanw Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2020).


Gatot mengirimkan surat langsung kepada Jokowi terkait alasan ketidakhadirannya. Hal itu diungkap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.


"Pak Gatot mantan Panglima ada bersurat kepada Bapak Presiden tidak hadir, nah isinya mungkin nanti Pak Menko Polhukam yang akan menyampaikan," kata Budi kepada wartawan di Istana, seperti dikutip Detikcom.


Heru mengatakan salah satu isi dari surat yang disampaikan Gatot adalah meminta Jokowi lebih memperhatikan TNI. Selain itu, Gatot menyinggung soal kondisi pandemi Covid-19.


"Ya mungkin isinya ada beberapa yang beliau tidak setuju mungkin kondisi Covid-19, harus banyak memberikan perhatian kepada TNI di suratnya seperti itu," ujar dia.


Heru mengatakan pihak Istana menghargai sikap Gatot. Namun, Heru menegaskan pemerintah sudah melaksanakan kewajibannya memberikan penghargaan kepada mantan para pejabat.


"Itu haknya beliau yang jelas negara memberikan melaksanakan tugasnya kewajibannya untuk memberikan kepada para mantan-mantan menteri mantan Panglima, Kapolri kepala staf yang memang patut diberikan dan itu kan diproses di dewan gelar kehormatan ada dewan khusus dan itu sudah dilaksanakan," tutur dia.