Surat Suara Pilkada Makassar dari Gresik Tiba Pekan Depan

KPU Kota Makassar belum menemui kendala berarti sejauh ini

Surat Suara Pilkada Makassar dari Gresik Tiba Pekan Depan
Logistik Pilkada Makassar (kabar.news/Irvan)

KABAR.NEWS - Waktu pemilihan walikota (Pilwalkot) Makassar tersisa 3 pekan lagi, sejumlah pendukung perhelatan pesta demokrasi tengah dipersiapkan, terutama yang paling krusial adalah kebutuhan logistik yakni surat suara.  

Sekertaris KPU Kota Makassar, Asrar Marlang mengatakan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan PT Temprina Media Grafika, Gresik, Jawa Timur untuk pengiriman surat suara. 

"Kalau kotak dan bilik suara sudah tiba di Makassar di gudang KPU, begitu juga tinta. Kami baru berkoordinasi dengan pencetak suara (PT Temprina Media Grafika) mulai dikirim hari ini (Selasa) dengan estimasi 3-4 hari (Jumat/Sabtu) kedepan," beber Asrar.

Asrar menambahkan, KPU Kota Makassar belum menemui kendala berarti sejauh ini. Hanya saja, pengadaan logistik tetap dipantau, mengingat seluruh barang berasal dari luar Sulawesi Selatan.

"Karena kita harus koordinasi dengan baik untuk hitungan waktu, terutama untuk sortirnya, distribusi hingga kecamatan dan kelurahan ada ketentuan yang harus digunakan untuk distribusi. Jadi kita perketat pengamanan jadi semua logistik kita koordinasi dengan pihak keamanan," terangnya. 

Asrar melanjutkan untuk distribusi pihaknya menargetkan, seluruh logistik dapat rampung pada H-1 atau satu hari jelang pencoblosan.

Terpisah, Ketua KPU Kota Makassar Farid Wajdi, menyebutkan ada 4 jenis logistik yang telah masih di gudang KPU Kota Makassar. Diantaranya kotak suara,bilik suara, segel dan tinta. 

"Selanjutnya akan dilanjutkan dengan hitung,rakit dan pengelompokan," kata dia.

Lebih lanjut, saat dihubungi Farid berujar jumlah bilik suara dan kotak suara dikirim secara bertahap. Untuk tahap pertama yang diterima, berkisar 8000an. 

"Baru yang kami terima sekitar 8.000an. Kurang 4.000an kalau saya gak salah tadi," bebernya.

"Kotak suara juga begitu, total 2394 kita kurang sekita 400an, karena yang masuk ada 2010 yang kita terima," sambungnya.Selanjutnya, untuk pengiriman tahap kedua, dirinya belum bisa memastikan.

"Belum ada konfirmasinya (tahap kedua), tapi target kami 24-26 itu semua sudah harus ready (siap)," paparnya.Selain itu, dirinya membeberkan surat suara sementara dalam dimuat dalam kapal. "Sudah loading di deck, proyeksi tanggal 20an masuk dipelabuhan Makassar," katanya.

Penulis: Rahma Amin/B