Sulsel Raih TPAKD Award 2020 dari OJK

Kategori implementari kemitraan

Sulsel Raih TPAKD Award 2020 dari OJK
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (kiri) saat penyerahan TPAKD Award secara virtual kepada Pemprov Sulsel. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih penghargaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) tahun 2020 kategori "Provinsi Dengan Implementasi Pembiayaan Melalui Pola Kemitraan Terbaik" dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Penghargaan TPAKD Award tahun 2020 ini diserahkan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso kepada masing-masing 10 daerah  secara virtual, Kamis (10/12/2020).


"Selamat kepada Provinsi Sulawesi Selatan atas penghargaan ini. Semoga Sulsel terus jaya dan terus memberikan kontribusi besar untuk pemulihan ekonomi secara nasional," kata Wimboh Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS.


Sementara, Nurdin Abdullah mengaku, perbaikan angka ekonomi di Sulsel tidak dapat dicapai tanpa sinergi dengan stakeholder melalui kerja-kerja TPKAD.


"Kami sebagai pemangku kebijakan eksekutif sadar betul bahwasanya instrumen fiskal tidak akan pernah cukup untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, oleh karena itulah dukungan industri jasa keuangan, otoritas keuangan, akademisi, cendekiawan dan asosiasi pengusaha memainkan peranan vital dalam menggerakan perekonomian Sulsel," jelasnya. 


Menurut, Nurdin, TPAKD dengan pendekatan pentahelix telah memberikan ruang sinergi yang cukup untuk menjalankan agenda pemulihan ekonomi.


Terkhusus dalam konteks pemulihan ekonomi daerah di tengah pandemi, sinergi dan kekompakan antar-stakeholders menjadi hal yang mutlak diperlukan sehingga daerah dapat mencapai target pertumbuhan ekonomi yang optimal, sesuai dengan potensinya. 


"TPAKD Sulsel memiliki dan menerapkan 1 nilai bersama yakni SiKoKo yang merupakan singkatan dari Sinergi, Komitmen dan Konsisten, dari nilai SIKoKo inilah kami bergerak cepat dalam mensosialisasikan dan merealisasikan program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) di seluruh Sulsel," tandas dia.