Sulsel Dijatah 44 ribu Dosis Vaksin Corona

- Khusus Nakes, menurut Gubernur Nurdin Abdullah

Sulsel Dijatah 44 ribu Dosis Vaksin Corona
Vaksin Virus Corona produksi Sinovac tiba di Indonesia. (Dok. Kemenkes)






KABAR.NEWS, Makassar - Sebanyak 44 ribu dosis vaksin Corona merek Sinovac disiapkan untuk tenaga kesehatan atau Nakes di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Jumlah dosis tersebut sebagai tahap awal.


Hal ini diungkap Gubernur Provinsi Sulsel, Nurdin Abdullah, dalam rapat pimpinan di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Senin (4/1/2021). Katanya, saat ini Dinas Kesehatan Sulsel sementara menyiapkan data klinis mereka yang akan divaksin pada awal Februari.


"Kita akan memulai vaksin mulai Februari. Pertama yang di vaksin ini adalah tenaga kesehatan," kata Nurdin Abdullah melalui keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS.


Menurut Nurdin, mempercepat proses data klinis untuk program vaksinasi merupakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh karena itu, Mantan Bupati Kabupaten Bantaeng ini meminta stake holder terkait segera melakukan persiapan.


"Harapan Bapak Presiden, tahun ini vaksin dijalankan dan kita harus bergerak lebih cepat. Oleh karena itu, saya harap bisa betul-betul mempersiapkan diri terutama tenaga kesehatan," ujarnya.


Ia menambahkan, ada beberapa kriteria penerima vaksin. Yang diprioritaskan adalah tenaga kesehatan. "Tidak sembarangan orang untuk divaksin. Ada beberapa kriteria. Kita dahulukan tenaga kesehatan sesuai arahan Bapak Presiden. Kita ada 44.000 (dosis)" tandas Nurdin.


Sekadar diketahui, pemerintah tinggal menunggu izin penggunaan darurat dari BPOM untuk melakukan vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin produksi Sinovac China.