Skip to main content

Suku Bunga Acuan Naik 25 Bps, Menko Perekonomian Sampaikan Pesan ke Perbankan

Darmin Nasution
Menko Perekonomian, Darmin Nasution.


KABAR.NEWS, Jakarta - Bank Indonesia (BI) resmi menaikkan suku bunga acuan atau BI-7 Days Reverse Repo Rate 25 basis poin (bps) menjadi 4,50 persen. Suku Bunga Acuan tersebut akan mulai berlaku, Jumat (18/5/2018).


Kebijakan BI yang menaikkan suku bunga acuan ditanggapi Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution. Menurutnya, keputusan BI yang menaikkan suku bunga acuan sudah sangat tepat mengingat kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terus mengalami pelemahan. 


Baca Juga: 


Hanya saja, Darmin mengingatkan kepada perbankan agar tidak terburu-buru untuk menaikkan bunga pinjaman. 


"Tentu akan ada pengaruhnya, berapa besar kita lihat beberapa hari ini. Tapi itu langkah yang betul untuk menjawab situasi sekarang ini." ujar Darmin dikutip dari detikcom, Kamis (17/5/2018). 


"Mungkin mempengaruhi bunga di dalam negeri, cuma kita coba meyakinkan bank jangan buru-buru mengubah tingkat bunga supaya jangan mempengaruhi bunga pinjaman orang," sambung mantan Gubernur BI itu.


Sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo menjelaskan suku bunga naik jadi 4,5% untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global.