Skip to main content

Suhu Panas Capai 32 Derajat Celsius, Masyarakat Diminta Kurangi Aktifitas di Luar Rumah

Suhu BMKG IV Makassar
Ilustrasi suhu rata-rata dai BMKG IV Makassar / Ist

KABAR.NEWS, MAROS - Cuaca panas dengan suhu mencapai 38,2 derajat celcius sempat dirasakan warga Sulawesi Selatan. 

 

Khususnya yang berada di pantai barat seperti Parepare, Barru, Pangkep, Maros, dan Makassar dalam dua hari terakhir ini. 

 

Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas 1 Kabupaten Maros, suhu udara 38,2 derajat celcius sempat terjadi pada Minggu (20/10/2019) antara pukul 13:00-14:00 Wita. 

 

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Kabupaten Maros Hartanto menjelaskan, hal tersebut disebabkan karena intensitas matahari yang maksimal serta kelembapan udara yang rendah yakni dibawah 50 persen. 

 

"Ditambah lagi angin yang berhembus dari timur menuruni lembah Bawakaraeng dan Lompobattang yang lebih panas sehingga menyebabkan suhu di Maros dan Makassar cenderung meningkat. Suhu tersebut merupakan suhu tertinggi sepanjang tahun pengamatan," jelas Hartanto, Selasa (22/10/2019). 

 

Ia menambahkan udara panas diatas 35 derajat celcius masih akan dirasakan sampai sepekan ke depan. Mengingat potensi hujan baru akan terjadi di akhir November bulan depan. 

 

Diperkirakan musim penghujan untuk daerah pantai barat yaitu dari Parepare sampai Makassar baru akan masuk pada November Dasarian kedua. 

 

"Maka dari itu kami menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan api karena angin kencang dan suhu panas bisa mempercepat api menyebar. Suhu panas juga menyebabkan ketahan tubuh semakin menurun makanya itu agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar ruangan khusunya pada siang hari," kata Hartanto. 

 

 

(Fahrul/B)

 

 

 

loading...