Sugianto Wahid kembali Nakhodai IKATEK Geologi Unhas: Siapkan Program, Dinilai sosok Berkualitas

* IKATEK Geologi Unhas akan perluas kepengurusan

Sugianto Wahid kembali Nakhodai IKATEK Geologi Unhas: Siapkan Program, Dinilai sosok Berkualitas
Ketua Ikatan Alumni Teknik Geologi Unhas, Sugianto Wahid. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Sugianto Wahid kembali dipercaya memimpin Ikatan Alumni Teknik Geologi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar untuk periode tahun 2023-2027. Terpilihnya pria berlatar pengusaha ini diapresiasi sesama alumni kampus almamater merah.


Sugianto Wahid terpilih untuk periode kedua dalam musyawarah IKATEK Geologi Unhas yang berlangsung di Hotel Gammara Makassar, Sabtu (2/12/2023).


Sebelum terpilih secara aklamasi, Sugianto mengaku, ada beberapa alumni yang ingin memimpin IKATEK Geologi Unhas. Ia pun tak mempersoalkan hal tersebut.


Namun, forum bersepakat bermusyawarah dan mempercayakan Sugianto Wahid untuk kembali menakhodai IKATEK Geologi Unhas selama 4 tahun ke depan.


"Ada banyak mau mencalonkan, tapi pada akhirnya semua bersepakat menunjuk saya. Dan saya siap. Bagaimanapun organisasi ini harus terus berjalan," ujar Sugianto Wahid saat dihubungi, Minggu (3/12/2023).


Perluas Pengurus IKATEK Geologi Unhas


Terpilih untuk periode kedua menurut Sugianto Wahid, menandakan para alumni IKATEK Geologi Unhas tetap kompak. Ia menyebut organisasi ini mengedepankan rasa kekeluargaan sebagai alumni.

Ads


Maka dari itu, IKATEK Geologi Unhas ke depan akan memperluas struktur kepengurusan dengan membentuk cabang di wilayah yang dapat menjangkau para alumni. 


"Sekarang beberapa cabang yang kita bentuk, di mana salah satunya itu di Sulawesi Tenggara. Ada juga Jabodetabek kita sudah tunjuk koordinator. Ke depan kita ingin bentuk di Kalimantan dan Papua," tutur angkatan tahun 1992 Geologi Unhas ini.


Sugianto memaparkan, selama satu periode terakhir, IKATEK Geologi Unhas banyak berkontribusi untuk daerah. Khususnya berperan aktif menjadikan Geopark Maros - Pangkep sebagai warisan dunia UNESCO.


"Kita paling aktif mendorong Geopark yang ada di wilayah Sulsel. Inisiatornya Zulfam Rahimi saat memimpin IKA Geologio Unhas dengan koordinasi beberapa stakeholder hingga di kepengurusan saya menjadi warisan dunia," kata Sugianto.


Sugianto Wahid di Mata Alumni Unhas


Terpilihnya Sugianto Wahid turut disambut baik oleh rekannya sesama alumni Unhas. Salah satunya datang dari Pengurus IKA Unhas Sulsel, Muh. Iqbal Arifin. 

Pengurus IKA Unhas Iqbal Arifin. (IST)


Alumni Fakultas Sastra Unhas itu menyebut, Sugianto Wahid merupakan sosok yang tepat memimpin sebuah organisasi. 


Sugianto Wahid dinilai punya pengalaman dan kemampuan manajerial yang baik. Hal ini menjadi kekuatan positif memimpin organisasi sebesar IKATEK Geologi Unhas.


"Pak Sugianto Wahid ini adalah sosok yang punya sense of responsibility yang tinggi," ujar Iqbal Arifin.


Iqbal Arifin dan rekan - rekannya sesama alumni kerap berdiskusi tentang banyak dengan Sugianto Wahid. Dari sharing banyak hal itu, Sugianto dianggap orang yang konsisten.


"Orangnya konsisten dan tidak berlebihan jika saya mengatakan apa yang dia ucapkan layak dipercaya dan apa yang ditugaskan pada beliau akan tuntas sesuai harapan," kata Iqbal Arifin.


"Saya yakin IKA Geologi akan semakin maju ke depan dibawah kepemimpinan beliau," pungkas Iqbal Arifin.