Skip to main content

Studi: Unggah Foto di Instagram Tiap Hari Bisa Meningkatkan Kebahagiaan 

insta
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Menghabiskan banyak waktu di sosial medua bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental, tetapi meluangkan waktu beberapa menit untuk memposting sebuah foto di Instagram setiap hari ternyata bisa berdampak bagi penggunanya.

Hal ini terungkap dari sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Health. Peneliti menyatakan jika mengambil gambar secara rutin tiap hari kemudian membagikannya di medsos ternyata bisa membawa manfaat luar biasa dalam meningkatkan kesejahteraan hidup dan perasaan bahagia.

Dalam studi ini, penulis laporan menelusuri aktivitas delapan orang dewasa - 5 diantaranya adalah pria berusia 20 hingga 50- dan tiga perempuan berusia 50 hingga 60- yang secara rutin menggunakan Instagram, Flickr, ataupun media sosial berbagi foto.

Selama dua bulan, para partisipan diamati, di mana peneliti memperhatikan konten yang mereka posting, kata yang mereka gunakan, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan penggunal lainnya. 

Peneliti menyimpulkan setelah mengobservasi selama dua bulan jika para partisipan mengakui kesejahtaraan hidup dan perasaan bahagia mereka meningkat melalui interaksi dengan orang, memperhatikan penampilan, berjalan ke tempat baru untuk mendapatkan gambar.

"Fotografi sudah menjadi bagian dari hidup saya selama beberapa tahun belakangan karena hal ini mendorong saya tertarik untuk melihat dunia, dan memperhatikan hal yang berbeda dan unik, saya pikir ini merupakan teknik untuk menjaga penampilan diri yang cukup baik," ungkap salah seorang partisipan, mengutip dari Studyfinds. 

Tak hanya itu, saling berbalas komentar dan berinteraksi dengan pengguna lain mengenai foto di medsos membuat pengguna merasa menjadi bagian dari sebuah komunitas. 

Selain itu, peneliti juga mengungkap jika berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial bisa membantu seseorang membunuh rasa kesepian, kemudian membangun hubungan pertemanan sesuai dengan ketertarikan mereka.