Skip to main content

Studi : Minyak Kelapa Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung, Lho

Kelapa
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Kelapa dikenal sebagai makanan kaya nutrisi. Sejumlah manfaat kesehatan bisa diperoleh dari buah kelapa. Selain itu, sumber kalori juga terdapat pada buah kepala.

Penelitian terbaru justru menunjukkan kalau minyak kelapa bisa mengurangi risiko penyakit jantung. 

Hal itu jarang  disadari oleh banyak orang. Pasalnya, kebanyakan orang beranggapan mereka yang mengonsumsi banyak minyak kelapa justru akan memperburuk kondisi kesehatannya.

Terungkap dari kajian yang dilaksanakan peneliti Universitas Cambrige bahwa jika minyak kelapa juga bisa menurunkan risiko terkena stroke jika dikonsumsi setiap hari selama empat pekan.

“Saya pikir mengonsumsi minyak kelapa memiliki dampak luas terhadap kesehatan,” kata Profesor Kay Tee Khaw dari Universitas Cambridge, dilansir The Independent pada Selasa (9/1).

Uji coba penelitian dilaksanakan terhadap 94 sukarelawan yang berusia 50 hingga 75 tahun dan memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing diminta mengonsumsi 50 gram dalam tiga sendok makan, yakni minyak kelapa, minyak zaitun, dan mentega tanpa garam.

Para ilmuwan kemudian memeriksa kadar lemak masing-masing sukarelawan yang berdampak pada tingkat kolesterol. 

Orang yang makan mentega ternyata mengalami kenaikan kolesterol jahat sebesar 10 persen. Kemudian, orang yang minum minyak zaitun memperoleh peningkatan pada  kolesterol baiknya sebanyak 5 persen dan kolesterol buruk menurun.

Sementara orang yang mengonsumsi minyak kelapa ternyata tingkat kolesterol baiknya naik 15 persen. Hal menunjukkan kalau minyak kelapa memiliki potensi mengurangi risiko berkurangnya penyakit jantung dan stroke.