Skip to main content

Stakeholder Pemerintah Satukan Persepsi di Rakornas Penyelenggara Pemilu Serentak

Stakeholder Pemerintah Satukan Persepsi di Rakornas Penyelenggara Pemilu Serentak
Pembukaan rakornas kewaspadaan nasional dalam rangka pemantapan penyelenggara pemilu serentak di Hotel Claro Makassar, Selasa (12/2/2019).

KABAR.NEWS, Makassar - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang kewaspadaan nasional dalam rangka pemantapan penyelenggara pemilu serentak di Hotel Claro Makassar, Selasa (12/2/2019). 


Baca juga: Sebelum Disepakati, Pansus Koreksi Sejumlah Poin dalam Draft RPJMD Sulsel

Rakornas tersebut, dihadiri Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Soedarmo, perwakilan Ketua KPU, Bawaslu, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, Bupati dan Walikota dari 10 Wilayah se-Indonesia bagian timur,  serta Kepala Kesbangpol se-Indonesia Timur.


Dirjen Polpum Kemendagri Soedarmo mengatakan Rakornas tersebut bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan kesiapan stakeholder khususnya di Indonesia Bagian Timur mengenai Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April mendatang.


"Waktu pemilu serentak semakin dekat, maka pertemuan ini merupakan yang terakhir dilaksanakan di Indonesia bagian timur. Rakornas kali ini memang kita lakukan secara regional, Indonesia Barat, Tengah dan Timur," ucap Soedarmo dalam sambutannya.


Menurutnya, yang teramat sangat penting dari Rakornas ini adalah menyatukan persepsi dan menampung akumulasi persoalan yang masih ada terkait kesiapan dari penyelenggara yakni KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah dan Aparat TNI-POLRI.


"Peran pemerintah daerah, pelaksanaan pemilihan umum perintah Keputusan MK dalam ini simplifikasi penggabungan Undang-undang (UU) Pemilu KPU, UU Pilpres dan UU DPRD DPR DPD, di dalam UU nomor 7 tahun 2017," ungkapnya


"Referensi pedoman pemilu serentak, ini amanat UU harus disukseskan. Pilpres ini mau tidak mau harus dilaksanakan dengan baik. Sehingga pemilu serentak bisa jalan sukses dalam penyelenggaraannya, pengamanan, pemilihnya," pungkasnya.


Baca juga: Punya Kepala Daerah Hingga Menteri, NasDem Optimis Lolos Parliamentary Threshold

Sementara itu Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sangat berterimakasih, atas dipilihnya Sulsel sebagai tuan rumah pelaksanaan rapat koordinasi nasional pemantapan penyelenggara pemilu serentak.

 

"Kami ucapkan selamat datang kepada kepala daerah pimpinan pusat kemendagri TNI Polri dan Kepala Daerah se-Indonesia Timur, selamat datang di Sulsel," pungkasnya.


  • Andi Khaerul

 

loading...