Stafsus Kementerian PPPA Kagumi Stand Pameran Dekranasda Parepare

* Stand pameran pada acara Kriya Nusantar

Stafsus Kementerian PPPA Kagumi Stand Pameran Dekranasda Parepare
Samuel Watimmena berfoto bersama dengan Ketua Dekranasda Parepare Erna Rasyid Taufan di stand pameran Kriya Nusantara, Jakarta. (IST)






KABAR.NEWS, Parepare - Staf Khusus Menteri Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Samuel Wattimena, mengapresiasi tampilan stand Pameran Dekranasda Kota Parepare pada acara Kriya Nusa 2022.


Pameran Kriya Nusa ini digelar oleh Dekranasda pusat. Event ini digelar di JCC Jakarta, mulai  21 sampai 25 September 2022.


Kehadiran Stafsus Kementerian PPPA tersebut disambut langsung Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, Sabtu (24/9/2022).


Erna mengatakan, kehadiran Stafsus Kementerian PPPA, tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi Dekranasda Kota Parepare, untuk terus berkreasi dalam memberikan wadah produksi bagi para UMKM.


"Pada kesempatan tersebut kami memperkenalkan sejumlah baju khas dari Kota Parepare, yang mana dalam pembuatan sejumlah baju tersebut dengan menampilkan Monumen Cinta Sejati Habibie dan Ainun sebagai kebanggaan masyarakat Kota Parepare," katanya.


Menurut Erna, kolaborasi dengan UMKM Parepare menjadi nilai positif untuk mempromosikan kota jasa ini sebagai salah satu daerah penghasil kerajinan tangan terbaik di Tanah Air.


Sementara, Samuel Wattimena, mengatakan, dengan perkembangan yang ada para pelaku UMKM ini tentunya dituntun untuk terus melakukan inovasi hasil produksi tangan.


Dia mengajak setiap produk UMKM sebisa mungkin tetap mempertahankan budaya dan kekayaan alam yang ada di daerah masing-masing.


"Kami melihat stand Parepare memberikan daya dorong tersebut bukan hanya hasil karya pakaian, tapi juga lebih kepada produksi alam, bagaimana memanfaatkan limbah kerang-kerang yang biasanya kita makan isinya dan cangkangknya itu dibuang, tapi dari Parepare justru dimanfaat di pakaian dan juga sejumlah alat kebutuhan lain, ini sesuatu yang unit dan luar biasa," katanya.


Samuel Wattimena merupakan perancang busana senior di Indonesia yang kerap menggunakan inspirasi dan material wastra tradisional Nusantara dalam busana-busana rancangannya. 


Dia juga telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain pin Emas dalam bidang seni rupa dalam anugerah seni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2012 dan penghargaan The Best Designer se Pasifik pada acara Fiji Fashion Week tahun 2013. 


Sebelumnya, dia menjabat Staf Khusus Menteri di Kementerian Koperasi dan UKM Tahun 2015-2017 dan Anggota Dewan Pengawas (Dewas) di Smesco Indonesia tahun 2018-2019.


Penulis: Arsyad/C