Spanyol Babat Jerman 6-0, Low: Hari yang Gelap Gulita

Spanyol ajari Jerman cara bermain bola

Spanyol Babat Jerman 6-0, Low: Hari yang Gelap Gulita
Penyerang Timnas Spanyol Ferran Torres (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Jerman, di Stadion Sevilla, Rabu (18/11/2020). (Dok. UEFA Nations League)

KABAR.NEWS - Timnas Spanyol melumat Jerman dengan skor 6-0 dalam pertandingan UEFA Nations League. Pelatih Der Panzer, Joachim Low menyebut kekalahan ini adalah "Hari yang Gelap Gulita".


Berlaga di Stadion Olimpiade Sevilla, Rabu (18/11/2020) Spanyol membabat Jerman lewat gol empat pemain mereka yakni Alvaro Morata, Ferran Torres, Rodri dan Mikel Oyarzabal.


Ferran Torres menjadi bintang kemenangan Spanyol lewat hattrick pada pertandingan terakhir Grup 4 Liga A UEFA Nations League ini. 


Penyerang Manchester City itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit 35, 55 dan 71. Sebelumnya, Morata membuka keran gol Spanyol menit ke-14, kemudian gol Rodri jelang turun minum dan Oyarzabal menutup pesta gol pada menit 89.


Joachim Low menganggap, kekalahan telak nan memalukan ini menjadi hari yang gelap gulita Timnas Jerman sejak dirinya menjabat sebagai pelatih pada 2006.


"Itu adalah hari yang gelap gulita dan tidak ada (strategi) yang berhasil. Tidak ada yang berhasil, baik 
dalam bertahan maupun menyerang. Setelah tertinggal 1-0, kami melepaskan konsep kami di lapangan," ujar Low dikutip dari situs DBF Jerman.


"Kami tidak punya organisasi, tidak ada komunikasi, itu fatal. Kami tidak memiliki akses dan tidak memenangkan duel apa pun," sambung pelatih 60 tahun ini, menyesalkan permainan anak asuhnya.


Statistik Opta mencatat, Spanyol menguasai 70 persen jalannya pertandingan. Bahkan tak ada satupun pemain Jerman yang berhasil melepaskan tendangan on target, dibanding 10 tendangan tepat sasaran Spanyol.


Data tersebut diafirmasi Kapten Timnas Jerman, Toni Kroos. Dia mengakui bahwa Spanyol menunjukkan bagaimana cara bermain bola kepada timnya.


"Itu menyakitkan. Saat bertahan, kami tidak mendapatkan akses sama sekali. Spanyol menunjukkan  kepada kami bagaimana cara bertahan, cara bermain dengan bola dan tanpa bola," kata Kroos dikutip 
dari Goal.


Ini merupakan kekalahan pertama Jerman dari 12 pertandingan Internasional. Pasukan Joachim Low terakhir kali menelan kekalahan pada September 2019 saat dibekuk Belanda dengan skor 4-2.