Spanyo Kalah, Italia Tunggu Inggris atau Denmark di Final Euro

Italia menang adu penalti 4-2

Spanyo Kalah, Italia Tunggu Inggris atau Denmark di Final Euro
Selebrasi pemain Timnas Italia usai mengalahkan Spanyol dalam adu penalti babak semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. (Foto: Twitter/Azzuri)






KABAR.NEWS, London - Timnas Italia mencapai partai puncak Euro 2020 usai mengalahkan Spanyol dalam drama adu penalti pada semifinal di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. 


Tim berjuluk Azzuri menunggu pemenang antara Inggris atau Denmark di babak Final Euro 2020 yang baru bertanding pada Kamis dini hari nanti. 


Italia mengandaskan Spanyol lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 4-2. Dua penendang La Furio Roja, yakni Alvaro Morata dan Dani Olmo gagal menjebol gawang Italia yang dijaga Donnarumma. 


Sebelum tos-tosan, laga Italia vs Spanyol berlangsung sengit sejak babak pertama hingga berlanjut ke babak tambahan waktu usai kedua tim bermain imbang 1-1.


Spanyol yang didominasi pemain-pemain muda, menguasai jalannya pertandingan dengan sejumlah peluang namun gagal berbuah gol hingga turun minum. Skor tetap 0-0.


Masuk ke babak kedua, Italia akhirnya membuka keunggulan lebih awal melalui gol Federico Chiesa setelah memanfaatkan umpan Ciro Immobile menit ke-60.


Tertinggal satu gol membuat Luis Enrique melakukan sejumlah pergantian pemain dan terbukti efektif menggempur ruang pertahanan Italia yang dikomandoi Giorgio Chiellini.


Sepuluh menit sebelum berakhirnya waktu normal, Spanyol akhirnya menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol yang diciptakan Morata menit ke-80. Penyerang Juventus tersebut masuk dari bangku cadangan menggantikan Ferran Torres menit 62.


Hingga babak tambahan waktu 2x15 menit, skor 1-1 tak berubah dan laga Italia versus Spanyol terpaksa berlanjut ke babak penalti. Kiper Italia, Donnarumma menjadi pahlawan dalam adu penalti ini setelah menepis tendangan Morata.


Statistik menunjukkan, Spanyol menguasai 71 persen jalannya pertandingan dengan 16 percobaan tendangan ke gawang. Sebaliknya, Italia hanya memiliki 7 tendangan dan lima di antaranya mengarah ke gawang.


Ini merupakan kali kedua Italia sukses menembus partai final Euro. Tim Pizza terakhir lolos ke partai puncak pesta sepak bola Eropa saat Euro 2012. Pertandingan final Euro 2020 akan digelar pada 12 Juli 2021.