SpaceX Kirim 4 Astronot ke Luar Angkasa, Ada Perempuan & Pria Jepang

Misi NASA

SpaceX Kirim 4 Astronot ke Luar Angkasa, Ada Perempuan & Pria Jepang
Astronot Falcon 9 yang diluncurkan SpaceX dari Kennedy Space Center. (Twitter/SpaceX)

KABAR.NEWS - Perusahaan swasta SpaceX berhasil meluncurkan empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Minggu (15/11/2020) malam waktu setempat 


Keempatnya meluncur ke orbit menggunakan roket dan kapsul Falcon 9 dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat (AS).


Satu dari 4 astronot tersebut adalah perempuan. Dia adalah Shannon Walker, astronot yang bekerja untuk Badan Antariksa AS (NASA). 


Melansir laman NASA, Shannon Walker dipilih mengikuti NAS mengikuti pelatihan astronot sejak tahun 2004. Dia memegang gelar Bachelor of Arts di bidang Fisika, Magister Sains dan Doktor Filsafat dalam Fisika Luar Angkasa dari Universitas Rice. 


Perempuan kelahiran Houston, Texas, 4 Juni 1965 itu memulai karir profesionalnya di Johnson Space Center (JSC) pada tahun 1987 operator Pengendali Penerbangan Robotika untuk Program Pesawat Ulang-alik.


Misi pertama Walker sebagai astronot adalah Ekspedisi 24/25 yang dikirim ke orbit pada 15 Juni hingga 25 November 2010. Pada peluncuran perdana itu, Walker bertugas sebagai Flight Engineer (pilot) dari pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, TMA-19.


Selain Walker, salah satu crew Falcon 9 yang meluncur ke orbit adalah pria Jepang bernama Soichi Noguchi. Melansir BBC Indonesia, dia disebut sebagai astronot veteran dari badan antariksa Jepang (Jaxa).

Soichi lahir di Yokohama, Jepang pada tahun 1965. Ia memperoleh gelar BS di bidang Aeronautical Engineering pada tahun 1989, gelar master di bidang Aeronautical Engineering pada tahun 1991, Doctor of Philosophy dalam Advanced Interdisciplinary Studies pada tahun 2020, semuanya dari University of Tokyo.


Noguchi dipilih sebagai calon astronot Jaxa pada Mei 1996 dan bergabung dengan Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (NASDA) pada Juni 1996. Misi pertama Noguchi sebagai anggota kru untuk misi STS-114 (LF1) pada tahun 2021.


Dengan berpartisipasi dalam misi ini, Noguchi menjadi orang ketiga dalam sejarah yang meninggalkan  Bumi dengan tiga jenis kendaraan luar angkasa, setelah sebelumnya terbang dengan Soyuz dan pesawat ulang-alik.


Sementara, dua astronot lainnya adalah Michael Hopkins dan Victor Glover. Keduanya merupakan 
astronot NASA.