Sosok Pelaku Teror Mabes Polri Zakiah Aini Dimata Tetangga

Zakiah Aini ditembak mati polisi usai melakukan teror dengan senjata api di Mabes Polri.

Sosok Pelaku Teror Mabes Polri Zakiah Aini Dimata Tetangga
Pelaku teror di Mabes Polri. (Foto: Capture)

KABAR.NEWS, Jakarta - Pelaku teror penyerangan Markas Besar (Mabes) Polri, Zakiah Aini telah dimakamkan Di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Kamis (1/4/2021). Sosok Zakiah pun dikenal sosok yang jarang keluar rumah. 

Seorang tetangga Zakiah, El mengenal sosok perempuan kelahiran 1995 itu jarang keluar rumah, tetapi rajin beribadah. Selain itu, Zakiah juga sangat dibanggakan keluarganya. 

"Anaknya memang jarang keluar. Kebanggan orang tuanya. Ibunya bilang, anaknya rajin mengaji, salat, dan puasa sunnah," ujarnya dikutip dari detik.com. 

Sementara itu, Ketua RT 03 RW 10, Ciracas, Jakarta Timur, Kasdi membenarkan Zakiah Aini sebagai anak pendiam sejak SMP. Kasdi mengungkapkan sikap Zakiah berbeda dengan anggota keluarga lainnya yang sering bersosialisasi. 

"Bapak ibunya itu aktif setiap kegiatan di lingkungan sini. Bahkan ibu Zakiah itu aktif setiap kegiatan PKK dann Posyandu," tuturnya. 

Sementara bapak Zakiah, kata Kasdi, aktif mengobrol dengan warga dan salat di musala.

Sebelumnya diberitakan, Zakiah Aini melakukan teror di Mabes Polri dengan cara menodongkan senjata api ke petugas jaga. Saat itu, Zakiah ditembak mati oleh personel kepolisian. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut terduga teroris yang menyerang Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) merupakan perempuan yang terpapar ideologi radikal ISIS. 

"Dari hasil profiling, yang bersangkutan adalah pelaku lonewolf yang berideologi radikal ISIS yang dibuktikan dengan postingan yang bersangkutan di media sosial," ujar Listyo Sigit Prabowo pada konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021).

Tersangka merupakan salah satu mahasiswa di salah satu kampus dan drop out (DO) atau pemutusan hubungan studi pada saat semester lima.

Dari hasil pendalaman dan penggeledahan, polisi mendapatkan beberapa hal terkait barang-barang yang dibawa pelaku, yakni map kuning yang berisi amplop bertuliskan kata-kata tertentu. Zakiah juga memiliki akun instagram yang baru saja atau sekitar 21 jam yang lalu mengunggah sesuatu yang terdapat bendera ISIS.

"Dan ada tulisan terkait masalah bagaimana perjuangan jihad," kata dia.