Soal Kios Pedagang, Dewan Sebut Kebijakan Disperindag Sinjai Sudah Tepat

Pedagang mengadu ke dewan

Soal Kios Pedagang, Dewan Sebut Kebijakan Disperindag  Sinjai Sudah Tepat
Rapat dengar pendapat membahas bantuan rehabilitasi kios pedagang pasar sentral Sinjai di DPRD Sinjai, Senin (29/3/2021). (IST)






KABAR.NEWS, Sinjai - Sejumlah pedagang pasar sentral yang kiosnya terbakar mengadu ke Komisi III DPRD Sinjai, Sulawesi Selatan. Aspirasi para pedagang disampaikan dalam rapat dengar pendapat bersama Dinas Perindag dan ESDM Sinjai, Senin (29/3/2021).


Mereka mengeluhkan belum mendapat bantuan berupa perbaikan los atau kios berdagang di Pasar Sentral Sinjai, sementara pedagang lainnya telah mendapat bantuan. 

Plt Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sinjai , M. Saleh menjelaskan pihaknya hanya memberikan bantuan rehabilitasi kios kepada pedagang yang terdata dab jumlahnya sebanyak 24.

"Perlu diketahui bahwa pembawa aspirasi ini bukan pemilik dari bangunan yang terbakar melainkan hanya pengontrak, sementara antara pemilik toko dan pengontrak sama-sama ingin berjualan olehnya itu kami mengambil jalan tengah untuk si pembawa aspirasi tetap diberikan tempat berupa los," kata Saleh dalam keterangan tertulis.


Kebijakan tersebut kata Muh. Saleh demi menghindari kecemburuan antara sesama pedagang, apalagi mereka yang hanya mengontrak sebelum kebakaran terjadi.


"Pada umumnya transaksi yang dilakukan pemilik toko dan si pengontrak kami tidak benarkan, mereka melakukan transaksi tanpa pemberitahuan ke Dinas Perindag, kalaupun pihak kami diberitahukan kami akan melarang karena aturan sudah jelas kalau pemilik toko tidak boleh menyewakan atau mengontrakkan toko tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD, Zulkifli, mengapresiasi Disperindag Sinjai karena sudah melakukan bentuk rehabilitasi bangunan dengan respon cepat sehingga bertepatan HJS ke-457, pada bulan kemarin sudah diresmikan dan difungsikan kembali meskipun adanya insiden-insiden kecil terjadi antara pedagang.


Ia juga menyanyangkan adanya transaksi yg dilakukan pemilik toko karena diaturan surat peralihan hak telah dijelaskan bahwa penyewaan atau mengontrakkan ruko tersebut tidak dibenarkan.


"Disperindag sudah sangat bagus untuk menyediakan kembali los terhadap pembawa aspirasi, hal ini salah satu langkah tanggap yang dilakukan Disperindag," ucapnya.


Ia juga berharap rehabilitasi bangunan Pasar Sentral Sinjai yang nantinya akan dilakukan Disperindag, dapat diprioritaskan kepada pedagang yang datang menyampaikan aspirasi ke DPRD Sinjai agar.


Penulis: Syarif/C