SM Bantu Indo' Tandi, Warga Miskin Torut Kerap Tinggal di Kandang Babi

Indo' Tandi juga cacat sejak lahir

SM Bantu Indo' Tandi, Warga Miskin Torut Kerap Tinggal di Kandang Babi
Indo Tandi dan anaknya (atas) berfoto bersama saat menerima bantuan dari Komunitas SM. (IST)






KABAR.NEWS, Torut - Penggiat kemanusiaan yang tergabung dalam kelompok Simbolong Manik (SM) Toraja Utara, Sulawesi Selatan, membantu warga miskin yang mengalami cacat sejak lahir bernama Indo' Tandi. Indo' dalam bahasa Toraja adalah ibu.


Indo' Tandi tinggal di Dusun Kalo', Lembang Talimbangan Kecamatan Buntu Pepasan, Torut, mengalami cacat sejak lahir pada bagian mulutnya dan hanya tinggal bersama anak laki-lakinya. Bahkan terkadang, keluarga kecil ini harus tinggal di kandang babi karena rumah yang kumuh.


Anak laki - lakinya yang bernama Tandi pun diketahui sejak lahir belum pernah bertemu ayahnya sebab, sang ayah pergi sejak Tandi di dalam kandungan ibu. 


Ketua SM Torut, Alfrida Kaissi mengatakan mereka datang bersama beberapa anggota SM untuk bertemu serta melihat langsung kondisi dari Indo' Tandi. Aksi kemanusiaan ini disebut sebagai program kunjungan kasih untuk berbagi kasih.


"Walaupun perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, tambah lagi harus melewati jembatan rusak dan medan yang kalau tidak hati-hati kami bisa jatuh, tapi ini semua tidak menyurutkan semangat kami bertemu dan berbagi kasih dengan Indo' Tandi," beber Alfrida.


Dijelaskan Alfrida bahwa kondisi Indo Tandi sangat miris. Keduanya tinggal rumah yang kondisi bangunannya sudah rapuh dan merupakan rumah peninggalan orang tua Indo' Tandi dan bahkan tanpa penerangan atau tanpa aliran listrik. Sehingga jika hujan deras, mereka terpaksa tinggal di kandang Babi. 


Dan untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari, kata Alfrida, warga miskin ini hanya mencari buah Tamarilla untuk direbus atau meminta ke tetangga.


Dalam kunjungan tersebut Komunitas SM menyerahkan bantuan berupa uang, sembako, perlengkapan masak, pakaian dan sepatu sekolah.


Sementara itu, Indo' Tandi usai menerima bantuan tersebut dengan menitikan air mata, dirinya mengungkapkan ucapan terima kasih atas kepedulian SM.


"Semoga Tuhan membalas kebaikan dan kepedulian SM," doanya.


Penulis: Febriani/B