Sinjai Siapkan Rp7 miliar untuk Renovasi Venue Porprov Sulsel

*Termasuk membangun sejumlah fasilitas olahraga

Sinjai Siapkan Rp7 miliar untuk Renovasi Venue Porprov Sulsel
Gelanggang Kolam Renang HM Tahir di Sinjai sebagai salah satu fasilitas olahraga yang akan direnovasi sebelum Porprov Sulsel. (KABAR.NEWS/Sinjai)






KABAR.NEWS, Sinjai - Sejumlah fasilitas olahraga di Kabupaten Sinjai akan direnovasi sebagai venue atau lokasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ke-17.


Daerah berjuluk Butta Panrita Kitta itu merupakan tuan rumah ajang empat tahunan tersebut pada September 2022. Sebelumnya, event ini bernama pekan olahraga daerah atau Porda. 


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sinjai telah menyiapkan anggaran Rp7 miliar untuk renovasi arena Porprov Sulsel. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Stadion Haji Andi Bintang adalah salah satu fasilitas yang akan dipercantik.


"Stadion Haji Andi Bintang kita akan menambah tribun tertutup dan perbaikan lintasan, apalagi acara pembukaan dipusatkan di sana," kata Kepala Dinas PUPR Sinjai Andi Taufiq Saleh saat ditemui di Kantor DPRD Sinjai, Selasa (18/1/2022).


Selain stadion, PUPR Sinjai bakal merenovasi lapangan basket, lapangan futsal, kolam renang Haji Muh. Nur Tahir dan Sirkuit Balap Motor di Gareccing. Termasuk, pembangunan venue panjat tebing, gateball dan beberapa fasilitas lainnya.


Andi Taufiq Saleh yang juga Ketua Pelaksana Porprov Sulsel menyebutkan, perbaikan sarana dan prasarana olahraga agar memenuhi standar yang ditetapkan. 


Sementara untuk kolam renang H. Muh. Nur Tahir, panjang lintasan kolam akan disesuaikan standar event serupa dan pembangunan venue panjat tebing tetap akan ditempatkan di Lapangan Eks Kantor Bupati Sinjai.


"Sekarang dalam tahap perencanaan, setelah itu memasuki tahap lelang dan pada bulan Maret atau paling lambat April sudah kita perbaiki dan Insya Allah kita akan rampungkan sebelum Porprov dimulai," tandasnya.


Penulis: Syarif/A