Simulasi Pembelajaran Tatap Muka di Makassar dimulai Pekan Depan

Siapkan 400 ribu tes antigen

Simulasi Pembelajaran Tatap Muka di Makassar dimulai Pekan Depan
Ilustrasi. Sekolah Tatap Muka di Makassar (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan, menjadwalkan simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM mulai Senin, 4 Oktober 2021. Hal ini berdasarkan keputusan rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).


Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, dinas kesehatan melakukan tes swab antigen terlebih dahulu khusus bagi pelajar tingkat SMP. Protokol kesehatan ini dianggap sebagai langkah mencegah klaster Covid-19 saat PTM dimulai.


Menurutnya, sebagian besar temuan klaster sekolah seperti yang terjadi di sejumlah daerah terjadi karena tidak adanya testing yang dilakukan. 


"Itu sudah kita sepakati bersama forkopimda bahwa kita simulasi dulu. Itu dimulai khusus SMP dulu. Kenapa kemarin DKI (Jakarta) ada klaster sekolah, karena setelahpi masuk dia testing" tutur Fatma di Makassar, Selasa (28/9/2021).


Lebih lanjut, Fatma menjelaskan simulasi PTM nantinya hanya akan dilakukan pada dua sekolah ditiap kecamatan yang masing-masing satu sekolah negeri dan swasta. Olehnya itu, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 400 ribu swab antigen. 


"Jadi ada 400 ribu disiapkan dinas kesehatan melalui program Makassar Recover. Jadi sebelum simulasi (PTM) harus jalan," jelasnya


Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan pihaknya sudah siap melaksanakan alat tes swab antigen tersebut. 


"Pemerintah kota menyiapkan jika tatap muka dilakukan, 400 ribu pcs swab antigen untuk mengetahui steril dilaksanakan," ujarnya belum lama ini.


Olehnya itu, pihaknya akan memantau pelaksanaan testing tersebut. Ia juga memastikan kesiapan 47 puskesmas untuk membantu pelaksanaan sesuai wilayah sekolah yang terdekat. 


"Langkah dinkes tentu memantau, nanti kita kerahkan puskemas karena dia punya wilayah," pungkasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B