Silatnas di Samarinda, Mahasiswa IAIN Cirebon Pimpin SEMA PTKIN

Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Silatnas di Samarinda, Mahasiswa IAIN Cirebon Pimpin SEMA PTKIN
Seminar nasional pada forum Silatnas SEMA PTKIN di Kampus IAIN Samarinda. (IST)






KABAR.NEWS, Samarinda - Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda sukses menjadi tuan rumah perhelatan Silaturahmi Nasional atau Silatnas Senat Mahasiswa (SEMA) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).


Forum silatnas yang digelar sejak Kamis sampai Minggu, 17-20 Desember 2020, menghasilkan Ketua SEMA IAIN Cirebon yakni Rohmawan, sebagai Koordinator Pusat SEMA PTKIN. 


Setelah terpilih, Rohmawan berharap Forum SEMA PTKIN se-Indonesia ini dapat dimaksimalkan perannya dalam rangka mewadahi sumber daya manusia unggul, khususnya para senator muda yang ada dilingkungan PTKIN.


"Mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan tujuan bersama Forum tersebut sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh mahasiswa PTKIN khususnya dan mahasiswa Se-Indonesia umumnya," ujar Rohmawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/12/2020)


Sementara, Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. M. Ilyasin menyambut hangat para peserta silatnas. Dia menyebut kampus yang dia pimpin adalah representasi dari 2 provinsi yaknu Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 


Sebab IAIN Samarinda ialah satu-satunya kampus PTKIN di wilayah ini yang akan segera bertransformasi menjadi UIN. Dia mengganggap forum Silatnas kali ini mengambil momentum yang tepat. 

"Disaat maraknya isu intoleransi, radikalisme dan lain sebagainya di luar sana, SEMA PTKIN mengangkat sebuah tema tentang moderasi beragama yang diharapkan mampu untuk menangkal isu-isu yang ada di Indonesia ini," ujar Prof. Ilyasin.


Selain memilih koordinator pusat, Silatnas Sema PTKIN juga merumuskan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga serta penentuan tuan rumah rapat kerja nasional (Rakernas). 


Forum Silatnas PTKIN di IAIN Samarinda akhirnya menyepakati UIN Sultan Thaha Saefuddin Jambi sebagai tuan rumah Rakernas pada bulan Maret 2021.