Siap untuk Liga 1, Pemkot Parepare Rampungkan Penataan Rumput Gelora Habibie

- Termasuk penataan parkir dan pengadaan musala

Siap untuk Liga 1, Pemkot Parepare Rampungkan Penataan Rumput Gelora Habibie
Wali Kota Parepare Taufan Pawe meninjau progres pengerjaan Stadion Gelora BJ Habibie. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, yang akan menjadi home base PSM Makassar terus dibenahi menjelang kick-off Liga 1 musim 2022/2023. 


Pemkot Parepare melalui Dispora selaku pengelola Stadion GBH, telah menata rumput lapangan yang sebelumnya masih bergelombang.


Kemudian untuk lampu stadion, sesuai masukan tim ahli dari Philips dan Manajemen PSM Makassar diganti dari 104 mata lampu masing-masing seribu watt menjadi 2 ribu watt.


“Sehingga kita harapkan sudah dapat memenuhi LUX yang ditetapkan PT LIB,” kata Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe menyikapi beberapa item catatan yang dipersyaratkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam menghadapi kompetisi Liga 1 Indonesia, Kamis (14/7/2022).


Tak hanya itu, akses menuju stadion juga telah diperlebar. Demikian pula jalur evakuasi yang berada persis di depan stadion sepanjang 606 meter diperlebar dari 4 meter menjadi 6 meter. 


Juga akses jalur evakuasi pemain dipasangi ralling atau barikade pengamanan untuk pemain yang hendak masuk ke stadion.


“Pembenahan juga kita lakukan untuk ruang broadcasting sesuai rekomendasi LIB untuk keperluan siaran langsung. Kemudian penambahan musala di tribune terbuka dengan ukuran 5×5 meter, serta pembuatan toilet sebanyak 12 buah di tribune terbuka,” ungkap Taufan Pawe.


Catatan lain untuk area parkir kendaraan, kata Taufan Pawe, akan ditambah lokasi parkir di dalam area stadion. Kemudian untuk lokasi parkir di halaman rumah warga, Dinas Perhubungan (Dishub) Parepare bersama Camat, Lurah, serta RT dan RW setempat telah melakukan pertemuan dengan warga terkait 
tarif parkir yang akan diberlakukan.


“Semoga apa yang telah kita lakukan ini dapat meloloskan Stadion GBH sebagai markas PSM Makassar. Ewako!,” harap Wali Kota Parepare dua periode ini. 


Penulis: Arsyad/C