Siap Digelar Meriah, JRM yakin Toraja Carnaval akan Tingkatkan Pendapatan Daerah

*Akan dihibur oleh sejumlah penyanyi papan atas

Siap Digelar Meriah, JRM yakin Toraja Carnaval akan Tingkatkan Pendapatan Daerah
Penggagas event Toraja Carnaval, John Rende Mangontan memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan event Toraja Carnaval di Hotel Pantan Makale, Minggu (15/5/2022). (KABAR.NEWS/Febriani)

KABAR.NEWS, Makale - Event hiburan Toraja Carnaval yang akan digelar pada 19-20 Mei 2022, akan dimeriahkan dengan sejumlah penampilan penyanyi papan atas Tanah Air. Salah satunya adalah mantan vokalis Ada Band, Donnie Sibarani.


Penggagas Toraja Carnaval John Rende Mangontan atau JRM mengatakan, acara ini diyakini bakal meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD di sektor pariwisata Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Event tersebut juga untuk memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.


"Tujuan kita melakukan event ini tidak lain untuk bisa tahu bagaimana kunjungan wisata yang menurun akibat pandemi agar bisa bangkit lagi dan seterusnya diharapkan lebih meningkat," ujar JRM pada konferensi pers usai rapat pemantapan panitia di Hotel Pantan Makale, Toraja, Minggu (15/5/2022).


"Saya atas nama pribadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, event ini murni program kerja saya, mohon dukungan dan doa restunya," tambah legislator Fraksi Golkar ini.


Menurut JRM, event Toraja Carnaval merupakan kolaborasi bersama antara dirinya dengan Pemerintah Kabupaten Toraja, unsur TNI-Polri dan berbagai kalangan. 


Event kebudayaan ini secara teknis sudah siap digelar secara meriah. Panitia pelaksana sudah memasang panggung termasuk area lapak UMKM di sekitar Burake. Penyelenggara juga akan menyiapkan musalah dan toilet untuk para pengunjung.


"Rapat hari ini merupakan pemantapan menuju hari H pelaksanaan yang tinggal beberapa hari lagi, kita sudah memasang panggung. Malam ini (kemarin, red) juga sudah mulai pasang lapak yang akan ada di area lokasi, halaman dan pelataran burake sudah bersih. Kita juga sudah menyiapkan mushola dan toilet," kata JRM.


JRM mengatakan, untuk membangkitkan pertumbuhan pariwisata, even Toraja Carnaval ini akan menonjolkan kearifan lokal dengan menggunakan baju adat dan melibatkan kaum milenial. Hal itu bertujuan menumbuhkan kecintaan, kepedulian dan kreativitas anak muda terhadap budayanya sendiri.


Event Toraja Carnaval yang akan diisi dengan sejumlah perlombaan akan dimeriahkan oleh tiga artis ibu kota, masing-masing Donnie Sibarani, Sharon Britney Graviella Padidi, dan Glow Rossa.


Donnie Sibarani alias Doni adalah mantan vokalis group band Ada Band. Sedangkan Sharon Britney Graviella Padidi alias Sharon Idol adalah pemenang ajang pencari bakat Indonesian Idol. Sedangkan Glow Rossa adalah artis yang sedang naik daun dengan lagu hitsnya, Jangan Lumpuhkan Cintaku.


Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Tator Iptu Adnan Leppang menyebutkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi event Toraja Carnaval yang akan digelar beberapa hari lagi. 


"Hal menarik karena mengangkat kearifan lokal budaya kita supaya bisa bangkit, dan meningkatkan pendapatan daerah kita, sementara untuk manajemen lalu lintas nantinya kita akan melakukan sebaik mungkin, saya berharap kepada panitia untuk melakukan survei lapangan, bagi parkiran kendaraan 
kunjungan."


Penulis: Febriani/B