Seto Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Sinjai Masih Stabil

Sidak pasar sentral Sinjai

Seto Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Sinjai Masih Stabil
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (kanan) saat mengecek sembako di Pasar Sentral Sinjai, Sabtu (24/4/2021). (Istimewa)






KABAR.NEWS, Sinjai - Bupati Kabupaten Sinjai, Sulsel, Andi Seto Asapa melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar sentral Sinjai, Sabtu (24/4/2021).


Pemantauan harga kebutuhan pokok ini merupakan tindak lanjut dari arahan pihak Kementerian perdagangan bersama Kapolri di bulan suci Ramadan hingga jelang lebaran idul fitri 1442 Hijriah. 


Menurut Seto, harga kebutuhan pokok di Pasar Sentral Sinjai saat ini masih bermacam-macam, namun secara umum harga kebutuhan pokok relatif normal. 


"Harga masih bermacam-macam di tingkat pengecer, tapi secara umum harga saat ini masih stabil, belum terlalu banyak yang naik. Paling yang naik itu hanya Rp1000-2000," kata Seto dalam keterangan tertulis.


Kini yang menjadi perhatian Pemkab Sinjai adalah harga cabai rawit yang masih melonjak di harga Rp60 ribu per kilogram (Kg), termasuk harga cabai keriting yang naik hingga Rp20 ribu per Kg dari harga sebelumnya. 


"Nanti kita koordinasikan dengan bagian ekonomi, dinas pertanian untuk mencari penyebab inflasi atau kenaikan harga seperti yang terjadi saat ini," sambungnya. 


Kendati demikian, Seto memastikan ketersediaan kebutuhan pokok aman atau lebih dari cukup hingga lebaran idul fitri 1442 Hijriah. 


Contohnya, saat ini Andi Seto, stok beras di Kabupaten Sinjai 1.013. 075 ton, cukup hingga enam bulan kedepan ditambah 150 ton untuk bulan ini. Kebutuhan lainnya seperti gula pasir 1.150 zak, terigu 16.00 zak serta minyak dan kebutuhan pokok lainnya juga lebih dari cukup. 


"Insya Allah ketersediaan pengan atau kebutuhan pokok kita selama ramadan hingga lebaran lebih dari cukup khusus untuk kebutuhan pokok, antara lain beras, gula, telur dan lainnya. Nanti kita cek ulang lagi harganya seminggu sebelum lebaran," jelasnya. 


Pemantauan harga kebutuhan pokok ini turut diikuti Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Sinjai, Muh Saleh, dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan.

Penulis: Syarif/C