Setelah Menanti 2 Tahun, Aripuddin Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD Jeneponto

Salmawati Paris tak hadir

Setelah Menanti 2 Tahun, Aripuddin Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD Jeneponto
Proses pengambilan sumpah Aripuddin sebagai Ketua DPRD Jeneponto, Senin (31/5/2021). (Foto: KABAR.NEWS/Akbar Razak)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Aripuddin resmi dilantik menjadi Ketua DPRD Jeneponto, Sulawesi Selatan, dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Jeneponto, Senin (31/5/2021). Pelantikan ini tak dihadiri mantan Plt Ketua, Salmawati Paris.


Aripuddin dilantik sebagai ketua DPRD menggantikan Salmawati Paris melalui SK pemberhentian dan pengangkatan Ketua DPRD Jeneponto yang ditanda tangani oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada bulan lalu.


Sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 di Jeneponto, Partai Gerindra mulai menggodok proses pergantian Ketua DPRD Jeneponto dari Salmawati ke Aripuddin sejak Agustus 2019. 


Bahkan, Gerindra sudah dua kali menyurat agar pelantikan segera digelar. Namun, titik terang pergantian Ketua DPRD Jeneponto baru terlihat pada beberapa bulan terakhir.


Paripurna ini dipimpin wakil ketua I DPRD Jeneponto, Irmawati bersama Wakil Ketua II Imam Taufiq. Hadir Bupati, Iksan Iskandar serta unsur forkopimda dan beberapa anggota dewan.


Prosesi pengambilan sumpah janji Aripuddin berlangsung singkat. Tak ada sambutan dari ketua baru. Usai melakukan pengambilan sumpah, Aripuddin langsung menduduki kursi ketua DPRD Jeneponto dan mendapatkan tepuk tangan.


Iksan Iskandar turut menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan tersebut. Iksan berharap, agar legislator Gerindra peraih suara terbanyak tersebut dapat mengemban amanah yang sebaik-baiknya.


"Selamat kepada ketua DPRD Jeneponto Aripuddin beserta keluarga dari Partai Gerindra. Datang dengan harapan bisa bekerja dengan sebaik-baiknya dalam  mengemban amanah rakyat dan pengabdian kepada nusa dan bangsa," ujarnya.


Dia mengatakan, dalam pelaksanan tugas pimpinan diharap mampu memahami tugas dan fungsi serta kewajibannya sebagai unsur penyelenggara pemerintah.


"Menjelaskan tugas sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta mendukung pembangunan," jelasnya.


Dia juga yakin, bahwa dibawa kepemimpinan Aripuddin, DPRD Jeneponto mampu mempertahankan kualitas kinerja yang selama ini telah dicapai. "Bersinergi dan saling mendukung dengan berbagai unsur baik, eksekutif maupun kepetingan lainnya," pungkasnya.


Sementara itu, berdasarkan pantauan KABAR.NEWS di lokasi, mantan Plt Ketua DPRD sebelumnya, Salmawati tak hadir dalam prosesi pelantikan tersebut. Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui alasan ketidakhadiran Salmawati pada rapat paripurna ini.


Penulis: Akbar Razak/B